Adsense VS Affiliate

Adsense VS Affiliate Program, Mana Yang Lebih Bagus?

Adsense VS Affiliate

Menghasilkan uang sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Termasuk bisa menjadi seorang youtuber, selebgram, dan blogger juga merupakan peluang yang cuan untuk dijalani. Khususnya bagi seorang blogger bisa menghasilkan uang melalui adsense maupun affiliate. Antar adsense vs affiliate ini semua memiliki keunggulan masing-masing untuk menghasilkan uang.

Mungkin bagi yang masih pemula untuk masuk dunia blogger belum terlalu mengerti apa itu adsense dan apa itu affiliate. Perlu diketahuai bahwa bagi kita yang fokus dalam dunia blogger dua cara ini merupakan cara yang paling populer buat menghasilkan uang atau memonetisasi blog nya.

Bagi seorang blogger atau biasa disebut online marketer Blog adalah sebuah ladang bisnis yang bisa di olah dan dibangun dengan modal yang minim tetapi bisa menghasilkan hasil yang lumayan. Apalagi bisa ditekuni dan dikembangkan terus dengan berbagai cara jitu. Itulah alasan orang banyak yang tertarik membangun bisnis ini.

Sebenarnya ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Tetapi dari kebanyakan cara ada dua cara yang sangat banyak diminati. Yaitu dengan memonetisasi blog nya melalui google adsense dan affiliate marketing. Yang mana dari kedua cara ini telah banyak menjadikan para blogger sukses bahkan kaya.

Pengertian Google Adsense

Untuk itu mari kita kupas satu persatu apa itu google adsense vs affiliate marketing. Untuk google adsense sendiri merupakan layanan yang telah dibuat oleh pihak google untuk menempatkan iklan online. Di mana pemilik blog akan dibayar oleh pihak google dihitung dari tiap klik atau tayangan iklan yang ditempatkan dalam blognya.

Bagi kita para blogger cara ini sebenarnya cukup mudah apalagi bagi seorang pemula. Kita cukup mendaftarkan atau mengajukan program adsense pada pihak google. Setelah google menerima pengajuan kita maka blog yang kita miliki resmi diberi izin untuk menampilkan iklan di dalam blog kita.

TRENDING:   Perbeda Backlink Nofollow dan Dofollow, Mana Yang lebih Baik???

Sambil menunggu pengajuan kita disetujui kita bisa sambil membangun terus blog yang kita miliki. Sehingga saat sudah disetujui kita sudah siap dan memiliki banyak konten. Kalau blog kita sudah resmi disetujui google adsanse maka kita tidak perlu harus menyiapkan konten iklan nya.

Kenapa Harus Memilih Google Adsense Sebagai Moniteze

Karena semua konten iklan disediakan google baik itu video, foto, text, banner, dll. Intinya kita tinggal menggunakan konten iklan yang telah disediakan google untuk ditempatkan di blog kita. Hal yang lebih penting bagi kita pemilik blog adalah berusaha bisa mendatangkan pengunjung sabnyak-banyaknya.

Apalagi bisa mendatangkan pengunjung tertarget sehingga mereka bisa melakukan klik iklan dan tayangan iklan. Maka hasil yang kita dapatkan akan lebih besar. Bisa dibilang menghasilkan uang melalui blog dengan google adsense ini merupakan cara yang mudah dan aman.

 

Keuntungan dan Kelemahan Google Adsense

Keuntungannya kita menggunakan google ads adalah kita tidak perlu menjadi seorang blogger profesional yang bisa riset keyword dll. Termasuk tidak perlu ilmu marketing yang mumpuni. Kita hanya perlu mendaftar, disetujui lalu menempatkan iklan yang sudah disediakan google di blog.

Makanya untuk pemula pun bisa mengikuti cara ini. Lebih enaknyq lagi kita tidak perlu harus melakukan teknik penjualan. Tidak perlu meyakinkan pembeli tentang produk yang kita iklankan. Bahkan kadang tidak satu niche dengan topik yang kita bahas pun iklan akan tetap bisa berjalan.

Kita cukup fokus untuk bisa mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya di blog yang kita miliki. Adapun iklan semua sudah diurus oleh pihak google, mantap bukan. Tetapi semua kemudahan google ads tersebut memiliki beberapa kelemahan juga. Diantaranya karena semua iklan diatur oleh google maka kita tidak bisa bebas memilih.

Kita tahu sendiri belum tentu semua pengunjung blog senang dengan munculnya iklan yang terlalu banyak. Kita sebagai blogger hanya bisa menjalankan adapun semua keputusan dari pihak google dari mulai persetujuan sampai termasuk google memiliki kuasa untuk memutus kapanpun bila ditemukan pelanggaran.

TRENDING:   Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Dari Semua hal Di atas, Memonetize Blog Dengan Adsense Cara mendaptakan traffic Dengan mudah yaitu dengan Paid traffic yang legal, ini salah satu segi keutungan paling utama jika memonetize blog dengan Adsense.

 

 

Pengertian Affiliate Marketing

Adapun affiliate marketing atau pemasaran affiliate merupakan sebuah usaha kita sebagai blogger untuk mempromosikan produk milik orang lain melalui blog yang kita miliki dengan cara menyematkan link  atau tautan produk tujuan di dalam konten blog kita.

 

Kenapa Saya Harus Memilih Menjadi Affiliate

Cara menjadi affiliate marketing sebenarnya juga mudah kita hanya perlu mencari produk orang lain yang bersedia menyediakan link affiliate untuk kita promosikan. Bila kita sudah di setujui dan diberi link produk tersebut, maka tugas kita tinggal membuat konten yang berhubungan dengan produk yang dipromosikan.

Hanya saja karena proses affiliate ini betul-betul kita mengiklankan produk maka kita perlu memiliki teknik marketing termasuk copywriting, dll. Termasuk kita perlu juga untuk menguasai terlebih dahulu manfaat dan kelebihan produk yang kita promosikan. Agar konten yang kita buat sesuai bahkan banyak yang membeli produk tersebut melalui link yang kita bagikan.

Contoh Penyedia Program Affiliate Marketing

Affiliate Marketing Luar Negeri:

  1. Amazon Associates
  2. Shopify Affiliate
  3. ClickBank

Affiliate Marketing Dalam Negeri:

  1. Lazada
  2. Ratakan.com
  3. Domainesia

Masih Banyak Lagi lainnya, Di Atas Hanya Sekedar Contoh.

Keuntungan dan Kelemahan Affiliate Marketing

Sehingga komisi yang akan kita dapatkan semakin banyak.  Adapun beberapa keuntungan kita memilih affiliate marketing diantaranya :

  • Kita bisa memilih niche produk yang akan kita promosikan sehingga bisa menentukan produk apa yang memang sesuai pengetahuan kita. Atau produk yang sedang trend.
  • Kita bisa mengetahui komisi yang akan didapatkan secara jelas sejak awal. Karena dari awal biasanya sudah dijelaskan komisi yang didapatkan tiap ada penjualan.
  • Kita bisa memiliki investasi masa depan melalui affiliasi marketing ini. Karena selama kita masih bekerjasama dengan pihak affiliasi dan masih terjadi penjuapan melalui link kita maka kita akan terus-menerus mendapat pemasukan.
  • Dalam affilite marketing ini kita tidak perlu kuatir di banned oleh perusahaan. Karena kita diberi kebebasan melakukan promosi terhadap produk tersebut. Meskipun kita tidak memiliki produk tersebut.
  • Apalagi ada pihak affilite yang terkadang sampai memberikan pelatihan untuk memperbesar pemasaran secara gratis.
  • Kita Tak perlu Visitor Ribuan Untung Mencapai Earning Jutaan, Kita Hanya Butuh Visitor 200-500 Perhari namun tertarget, Sudah Mampu Mencapai earning 1-3juta perbulan Bahkan Lebih
TRENDING:   7 Langkah Bagaimana Youtube Bisa Menghasilkan Uang

Itu tadi beberapa keuntingan affiliate marketing yang bisa kita dapatkan. Tetapi affiliate marketing ini pun mempunyai beberapa kelemahan. Diantaranya kita perlu betul-betul belajar terlebih dahilu teknik marketing, copy writing dan menguasai produk untuk mendapatkan hasil.

Terkadang kita juga harus bersaing ketat dengan pasaran atau produk yang serupa. Apalagi produk yang kita promosikan merupakan produk umum. Kita bisa mendapatkan hasil apabila ada penjualan melalui link yang kita bagikan bukan dari jumlah kunjungan.

Kita perlu membangun dari awal dengan konsiaten bila ingin bisa mendapatkan hasil. Termasuk kita perlu bisa mempertahankan predikat baik dan kepercayaan agar bisnisnya bisa bertahan lama. Intinya untuk bisnis affiliate ini kita perlu berjuang keras di awal agar bisa mendapatkan hasil dan bertahan lama.

Dari kedua bisnis ini yaitu google adsense vs affiliate marketing ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila harus dibandingkan antara adsense vs affiliate lebih unting mana, maka jawabannya keduanya menguntungkan. Tergantung kita bisa memanajemennya.

 

Bisakah Memilih Keduanya Menjadi Affiliate dan Juga Monetize dengan adsense juga?

Kalau mampu kita bisa menjalankan keduanya itu pasti akan kita dapatkan variasi dalam bisnis blog kita. Bila tidak kita bisa memilih fokus pada salah satu saja sebenarnya sudah lebih dari cukup. Bila bisa memaksimalkan peluang tersebut.

Demikian artikel tentang adsense vs affiliate . Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.