Beda Backlink Nofollow dan Dofollow

Perbeda Backlink Nofollow dan Dofollow, Mana Yang lebih Baik???

Posted on

Beda Backlink Nofollow dan Dofollow

Bagi kita seorang blogger maupun website master tentunya sangat membutuhkan optimasi SEO. Salah satu teknik SEO yang tidak boleh terlewat adalah backlink. Backlink sendiri ada dua macam yaitu nofollow dan dofollow. Ada beberapa beda backlink nofollow dan dofollow, terutama adalah peran dalam optimasi SEO.

Makna backlink sendiri adalah merupakan link atau tautan yang mengarah ke website lain. Yang mana berfungsi untuk menaikkan trafik kunjungan, dan memudahkan mesin pencari mengindex website tersebut. Sehingga bisa membantu website tersebut berada di halaman pertama mesin pencari.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita maka akan semakin besar peluang website kita naik peringkatnya di mesin pencari. Makanya backlink cukup berperan dalam optimasi SEO yang kita lakukan. Backlink sendiri ada nofollow dan dofollow yang memiliki peran masing-masing.

Pengertian Backlink dofollow dan nofollow

Beda backlink nofollow dan dofollow dari pengertiannya. Backlink dofollow merupakan  backlink yang bisa mengarah langsung ke sebuah website saat link nya di klik. Karena backlink dofollow mengizinkan robot web crawler untuk merayapi tautan dofollow yang disematkan.

TRENDING:   Jenis-jenis Backlink Yang Di Sukai Dan Tidak Di Sukai Google

Sedangkan backlink nofollow memiliki pengertian yang sebaliknya. Yaitu backlink yang memang tidak bisa dirayapi oleh robot web crawler. Backlink nofollow hanya berupa link dengan penulisan biasa, dan tidak bisa di klik. Apabila di klik pun tidak akan mengarah ke website manapun.

Kelebihan dan Kekurangan Backlink Nofollow dan Dofollow

Beda backlink nofollow dan dofollow kalau dilihat dari keuntungannya masing-masing. Untuk keuntungan dari backlink dofollow diantaranya :

Backlink Dofollow

  • Dengan backlink dofollow maka akan meningkatkan kunjungan ke website kita dengan lebih cepat dan mudah. Apalagi backlink milik kita terpasang di website-website yang sudah terkenal.
  • Dengan backlink dofollow akan memudahkan mesin pencari untuk mengindex website kita. Sehingga wwbsite yang kita miliki akan selalu berada di halaman paling atas mesin pencari.
  • Termasuk berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas situs web kita. Terutama bial backlink kita di sematkan oleh website terkenal. Maka orang lain menganggap website kita setara dengan website yang sudah terkenal tersebut.

Backlink Nofollow

Adapun manfaat dari backlink nofollow terutama akan membuat backlink kita menjadi lebih natural. Karena dengan backlink nofollow akan membuat orang lain yang ingin mengunjungi website kita melakukan pencarian secara manual. Mesin pencari google lebih senang orang yang melakukan pencarian manual daripada dofollow.

TRENDING:   Apa Itu Internal Link Dan Eksternal Link Untuk SEO Blog?

Selain itu backlink nofollow berfungsi menjaga kredibilitas website kita. Karena menggunakan backlink dofollow terlalu banyak malah justru terkadang menurunkan performa, apalagi bila sampai google menganggap spam. Makanya perlu backlink nofollow untuk meminimalisirnya.

Penutup

Untuk beda backlink nofollow dan dofollow bila di lihat dari kelemahannya masing-masing adalah. Bila backlink nofollow sebenarnya tidak terlalu memiliki peranan banyak dalam optimasi SEO. Tidak terlalu berpengaruh besar.

Kemungkinan orang melakukan pencarian manual melalui backlink nofollow kita terlalu minim. Adapun kelemahan backlink dofollow adalah bila kita terlalu banyak memasang backlink dofollow yang berlebihan. Karena bukanya optimasi tetapi justru menurunkan peringkat website kita.

Oleh google justru dianggap spam, apalagi kita mendapat backlink dofollow dari situs-situs spam. Makanya untuk pemakaian kedua backlink ini perlu diperhatikan. Bisa dibilang harus seimbang dalam artian tidak boleh berlebihan.

Semua tergantung performa website yang kita miliki. Bila masih baru dan belum populer lebih baik memulai dengan backlink-backlink nofollow dulu, berbeda bila website kita sidah terkenal atau setidaknya banyak kunjungan. Bisa kita mulai menggunakan backlink dofollow.

TRENDING:   Adsense VS Affiliate Program, Mana Yang Lebih Bagus?

Tinggal kita sendiri yang menyesuaikan saja. Demikian tadi artikel tentang beda backlink nofollow dan dofollow. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih