13 cara google mempercepat indeks

13 Cara Agar Google Mengindeks Situs Anda Lebih Cepat

13 cara google mempercepat indeks

Cara Agar Google Mengindeks Situs Anda Lebih Cepat – Google memainkan peran penting dalam kinerja Anda bekerja secara online. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, ia memonopoli cara menemukan dan mencari informasi. Semakin tinggi peringkat Anda dalam hasil pencarian Google, semakin tinggi pula situs web Anda akan muncul. Ini berarti lebih banyak lalu lintas organik dan lebih banyak pengunjung yang memenuhi syarat ke situs web Anda.

Meskipun demikian, semua ini tidak akan menjadi penting jika website Anda tidak dapat diindeks dan tidak muncul di hasil pencarian Google.

Jadi, Anda ingin memudahkan Google menemukan Anda. Pastikan halaman blog, konten blog, gambar, dan video dapat diindeks.

Panduan ini menunjukkan kepada Anda apa yang diindeks dan bagaimana Google Crawling (merayapi) halaman web. Ini juga mengajarkan Anda cara memeriksa apakah situs web Anda diindeks di Google, dan cara agar Google mengindeks situs web Anda lebih cepat.

 

Apa Itu Crawling (Merayapi) Dan Pengindeksan di Google?

Setelah melakukan pencarian, Google menggunakan indeksnya (database) untuk menampilkan hasil yang paling relevan untuk pencarian Anda. Perayap web atau robot (seperti: Googlebot) menjelajahi World Wide Web untuk tujuan pengindeksan. Jika situs web Anda tidak ada dalam indeks Google, itu tidak akan muncul dalam hasil pencariannya.

Perayapan adalah proses menemukan tautan halaman baru atau yang diperbarui di situs web. Biasanya, Google merayapi situs Anda terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke indeksnya.

Pengindeksan berarti bahwa Google telah mengunjungi halaman Anda, menganalisisnya, dan menambahkannya ke indeksnya.

Mengapa penting jika Google tidak dapat mengindeks situs web Anda?

Jika Google tidak dapat mengindeks situs web Anda atau beberapa halaman penting di situs Anda, itu tidak akan muncul dalam hasil pencarian. Ini berarti lalu lintas hilang.

Situs web Anda harus diindeks agar dapat ditampilkan di hasil pencarian Google.

Mengindeks situs web Anda di Google berarti situs itu disimpan dalam database Google. Ini tidak berarti bahwa itu akan berperingkat tinggi.

Biasanya, Anda tidak perlu melakukan apa pun dan Google pada akhirnya akan menemukan situs web Anda dan konten baru apa pun.

Situasi di mana situs web Anda tidak diindeks oleh Google adalah ketika Anda dengan sengaja menunjukkannya seperti memblokir halaman di robots.txt.

Karena Google tidak dapat memberi peringkat halaman yang tidak ditemukan dan tidak ada dalam indeks mereka. Jadi, apakah membuat Google menemukan dan mengindeks situs web Anda lebih cepat membantu SEO? Jawabannya Ya!!! Karena itu akan meningkatkan kemampuan situs web Anda untuk ditemukan dan membantu dalam mengatur konten Anda lebih cepat.

Baca Juga  Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog Paling Simple

Berikut 13 Cara Agar Google Menemukan Dan Mengindeks Situs Web Anda Lebih Cepat.

1. Periksa apakah situs Anda sudah diindeks di Google

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memeriksa apakah situs web Anda benar-benar diindeks atau tidak.
Masukkan seluruh domain Anda menggunakan “Site:NamaDomainAnda.com” di Google.

Periksa Indeks

Hasilnya akan menunjukkan kepada Anda semua halaman di situs Anda yang saat ini diindeks di Google. Jika Anda tidak melihat halaman tertentu yang ingin Anda indeks, maka halaman tersebut belum diindeks.

Jika belum diindeks, mungkin masih diproses tetapi dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin mencoba mempercepatnya.

Lakukan ini dengan memperbarui peta situs XML Anda dengan mengirimkan halaman tersebut di Google Search Console ke Google untuk di-crawl ulang. Kedua metode tersebut dijelaskan lebih rinci di bawah ini.

2. Buat peta situs XML

Buat peta situs atau sitemap XML

Peta situs XML pada dasarnya adalah daftar URL situs web dalam format XML. Ini membantu Google menemukan halaman di situs web Anda dengan mudah dan cepat.

Jika sekarang ada keuntungan SEO yang cepat, peta situs XML akan dibuat untuk situs web Anda. Ini sangat mudah dilakukan dan otomatis.

Ada Dua Cara Untuk Membuat Peta Situs XML:

  • Buat peta situs XML dengan Plugin
  • Buat peta situs XML secara manual tanpa plugin
Buat peta situs XML dengan PLugin

Sebagian besar situs web menjalankan sistem manajemen konten (CMS) seperti WordPress dan Squarespace, yang memudahkan pembuatan peta situs XML. Di WordPress, plugin Yoast SEO, All In One SEO Dan Rank Math melakukan ini untuk Anda dengan mudah, dan bahkan memperbarui peta situs secara otomatis saat Anda menerbitkan halaman baru.

Peta Situs Dengan Plugin

Buat peta situs XML secara manual tanpa plugin

Jika situs Anda tidak menggunakan CMS, Anda dapat menggunakan Screaming Frog untuk membuat peta situs XML. Ini menyediakan perayapan gratis hingga 500 halaman, yang merupakan awal yang baik untuk sebagian besar pemilik situs web.

Apakah Anda menggunakan WordPress tetapi tidak ingin menggunakan plugin?
Kabar baik Untuk Anda – WordPress Versi 5.5 secara otomatis akan menghasilkan peta situs XML default untuk situs web Anda.

 

3. Perbarui Peta situs XML dengan Halaman Baru

Saat Anda menerbitkan halaman baru di situs web Anda atau memperbarui konten Anda, Anda perlu memperbarui peta situs. Jika Anda menggunakan situs WordPress, plugin Yoast SEO, Rank Math atau plugin All in One SEO melakukan pekerjaan untuk Anda secara otomatis.

Anda juga dapat membangun kembali peta situs Anda dengan Screaming Frog dan mengirimkan kembali peta situs XML yang diperbarui ke Google.

 

4. Kirimkan Peta Situs XML Anda ke Google Search Console

Peta Situs Search Console

Setelah membuat peta situs XML, Anda dapat mengirimkannya ke Google Search Console. Anda harus membuat akun Google Search Console terlebih dahulu. Berikut panduan untuk menyiapkannya jika Anda belum melakukannya.

Di sidebar, cari situs Anda dan klik tab peta situs (sitemaps). Anda harus menghapus peta situs XML apa pun yang ada terlebih dahulu, lalu Masukkan peta situs yang diperbarui.

Lakukan ini secara teratur jika Anda sering memperbarui situs web Anda. Ini akan membantu Google merayapi laman web Anda dengan lebih baik dan mempercepat proses pengindeksan.

 

5. Set up Google Search Console dan gunakan ‘Inspection URL

Saat Anda membuat perubahan pada halaman web dan konten yang ada, Anda memerlukan Google untuk merayapi ulang halaman-halaman ini. Caranya Cukup Mudah:

Permintaan Pengindeksan

Menyiapkan Google Search Console mudah jika Anda belum melakukannya.
Buka Google Search Console – -> Pilih “Inspeksi Url” — > Minta Pengindeksan.

Minta Pengindeksan

Ini benar-benar membutuhkan satu klik tombol! Permintaan pengindeksan ini meminta Google untuk merayapi ulang halaman Anda dan mengindeks ulang lagi.

Kemudian, tunggu Google melakukan tugasnya dan menyusun halaman web Anda untuk diindeks.

Baca Juga  7 Top Faktor Ranking SEO: Yang benar-benar penting Untuk Meningkatkan Mesin Pencari

 

6. Gunakan Internal Link di Situs Web Anda

Contoh internal Link

Internal link berguna untuk SEO. Internal Link adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain di situs Web Anda.
Mereka membantu mengatur konten situs web Anda dan memudahkan Google untuk mengikuti tautan ini dan menemukan laman Anda. Berikut beberapa cara menggunakan Internal Link di situs web Anda.

Gunakan Internal Link Dengan Related Post Pada Postingan Anda

Related Post menunjukkan konten kontekstual yang relevan kepada pengguna berdasarkan posting saat ini. Ini membantu dalam meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda saat pengguna mengunjungi beberapa artikel di situs Anda.

Ini adalah keuntungan cepat untuk meningkatkan Page views dan juga mengurangi Bounce Rate.
Anda dapat mengatur internal link secara otomatis menggunakan plugin sederhana seperti:

  • Yet Another Related Posts Plugin (YARPP),
  • Contextual Related Posts
  • Inline Related Post (Ini Yang saya Pakai)

Tambahkan Breadcrumbs Melalui Situs Web Anda

Khusus untuk konten sectional seperti halaman produk, layanan, dan artikel, ini merupakan navigasi sangat penting untuk menunjukkan alur konten anda.

Tambahkan Link internal berbasis teks secara manual di konten halaman

Anda juga dapat menambahkan tautan internal dengan cara sederhana dengan menambahkannya secara manual di konten teks halaman. Seperti konten teks di halaman Anda, Bisa juga Anda Menggunakan Plugin Linkyfy Text untuk membangun internal link dengan text.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan Keyword Rich Dengan Anchor Text di tautan internal berbasis teks ini.

 

7. Tambahkan Internal Link di Menu Navigasi Head dan Footer

Menambahkan tautan internal di menu navigasi Head dan Footer membuat struktur tautan yang lebih kuat di situs web Anda.

Situs e-Commerce bisa mendapatkan keuntungan besar dari struktur internal link yang kuat karena mengandung banyak produk dan konten.

  • Tambahkan Link Kategori Utama
  • Tambahkan Link Subkategori
  • Tambahkan Kategori Produk Baru dan Halaman Kategori Penjualan

Ingat!!! Itu tidak hanya untuk situs e-commerce tapi juga blog pribadi dan Affiliate. Karena Ini tidak hanya membantu mesin telusur menemukan konten Anda dengan lebih baik, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Ingaaaat!!! Blog bisa mendapatkan keuntungan besar dari internal link di menu navigasi Header dan Footer Yang Baik.

 

8. Kirimkan Situs Anda ke Direktori

Mengirimkan situs web Anda ke direktori telah menjadi cara Jadul untuk memulai SEO tapi masih berguna looh. Dengan menempatkan situs web Anda di direktori tepercaya, Anda dapat membuat Fondasi Backlink dan menemukannya secara online.

Logikanya adalah jika situs web Anda ditemukan di situs web lain, Googlebot dan perayap web dapat menemukan situs web Anda lebih cepat. Karena situs-situs tersebut sudah dibangun dan berada di radar Google.

Selain itu, situs web Anda akan diekspos ke audiens yang jauh lebih besar dan dapat mengirimkan lalu lintas rujukan ke situs Anda.

Pastikan Hanya Memposting ke Direktori Tepercaya

Namun, relevansi bukti tersebut telah menurun selama bertahun-tahun. Google telah menghapus sejumlah direktori gratis dari indeksnya. Kemudian John Mueller dari Google mengatakan bahwa direktori tersebut secara umum tidak relevan dengan SEO.

Akan Menurut saya, direktori tetap berguna asalkan relevan dengan topik dan memberikan nilai link yang tinggi.

9. Periksa Kesalahan Perayapan Google Secara Teratur

Saat situs web Anda berkembang dan lebih banyak konten dipublikasikan, Anda ingin melakukan pemeriksaan teknis terhadap kebersihan situs secara teratur. Untuk situs web kecil (kurang dari 500 URL), memeriksa setiap kuartal adalah ide yang bagus.

Untuk situs yang lebih besar, saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan bulanan atau dua bulanan. Google Search Console adalah tempat pertama untuk memeriksa.
Dashboard –> Indeks –> Cakupan (Coverage)

Error Pages

Cari Halaman Kesalahan yang ditandai dengan warna merah. Artinya, ini adalah halaman di situs Anda yang tidak dapat diindeks oleh Google.

  • Kesalahan Server (Kode Status 500 – level error)
  • Kesalahan pengalihan (String pengalihan terlalu panjang sehingga Google tidak dapat mengindeks URL)
  • URL yang dikirimkan diblokir oleh file robots.txt
  • URL terkirim bertanda “no-index
  • Errot 404
  • Halaman rusak (kode status 404)
Baca Juga  Apa Itu Internal Link Dan Eksternal Link Untuk SEO Blog?

Laporan Cakupan Indeks akan menampilkan status pengindeksan semua URL yang dikunjungi oleh Google atau yang coba dikunjungi.

Ringkasan kunjungan juga akan ditampilkan dan ini dapat membantu Anda menemukan halaman web mana yang menyebabkan masalah.

Prioritaskan untuk memperbaiki laman web Anda yang paling penting untuk diindeks berikutnya.

 

10. Buat Konten SEO Dan 100% Unik

Konten yang dioptimalkan dengan SEO dan Kaya kata kunci memudahkan Google untuk menentukan peringkat dalam hasil pencarian.

Ketika Anda membuat konten, Anda Harus Memperhatikan Dasar SEO secara umum.

  • Kata kunci tetarget: judul dan deskripsi meta
  • Konten Menargetkan kaya kata kunci dan memenuhi pertanyaan pengguna. Konten yang panjang, menjawab user intent dengan sangat baik dan akan cenderung memiliki peringkat tinggi.
  • Hindari membuat konten yang buruk dan berkualitas rendah.
  • Tambahkan Alt Teks ke gambar yang Anda posting.
  • Kompres gambar dan kurangi ukuran file.
  • Perbaiki tautan rusak dan periksa kesalahan perayapan.

Memiliki strategi kata kunci SEO yang baik adalah langkah pertama untuk SEO. Selanjutnya, saya sarankan mempelajari dasar-dasar SEO Copywriting dan beberapa strategi lanjutan seperti memberi peringkat pada cuplikan pilihan untuk meningkatkan SEO Anda.

 

11. Memperbarui Indeks Di Situs Anda

Google selalu ingin menyegarkan dan memperbarui indeksnya untuk menampilkan konten yang paling relevan dalam hasil pencarian. Jadi, Google terus mencari halaman baru untuk diindeks, dan konten berkualitas tinggi untuk disajikan kepada pengguna.

Memperbarui konten Anda akan meningkatkan relevansinya dan kemungkinan meningkatkan peringkat. Halaman lama di situs Anda sebenarnya bisa memiliki nilai SEO paling banyak karena sudah lama berada di indeks Google dan peluang mendapatkan banyak backlink.

Ini berarti peringkat halaman dan otoritas domain tinggi. Jadi luangkan waktu untuk memperbarui konten Anda yang ada untuk memberikan dorongan SEO tambahan.

Salah satu artikel lama saya yang diterbitkan pada tahun 2020 memiliki hasil SEO yang bagus setelah pembaruan konten pada tahun 2021. Ini setelah saya memperbarui artikel dengan konten baru, menambahkan beberapa subpos dan lebih banyak gambar yang di optimasi.

Tujuannya tidak lain tidak bukan agar mendapat Featured Snippet di Google.

 

12. Bangun Backlink dan Tingkatkan Domain Authority

Backlink memberi tahu Google seberapa andal dan dapat dipercaya situs web tersebut. Tautan dari situs web eksternal bertindak sebagai “suara kepercayaan” dalam algoritme peringkat penelusuran mesin Pencari.

Sinyal tautan adalah faktor peringkat yang kuat karena Google ingin menunjukkan hasil yang tepercaya dan andal.

Sederhananya, jika situs Anda memiliki banyak backlink DA tinggi, maka Google akan menganggap situs Anda lebih penting daripada situs lain yang tidak memiliki backlink yang kuat.

 

13. Tingkatkan Berbagi Sosial Media

Berbagi konten Anda secara sosial media memberi konten Anda lebih banyak tautan. Itu berarti lebih banyak berbagi, lebih banyak yang melihat, dan lebih banyak suka dan membagikan lagi konten Anda.

Meningkatkan visibilitas konten Anda di media sosial akan membantu Google dan perayap web menemukan situs web Anda lebih cepat juga.

Mulailah dengan membuat profil di saluran media sosial Anda. Anda tidak hanya dapat berbagi konten di umpan sosial, tetapi Anda juga dapat menempatkan domain situs web Anda di platform media sosial. Backlink Gratis dgn DA Dan PR tinggi.

Karena semakin banyak orang membagikan konten Anda, semakin besar kemungkinan orang lain (dan situs web) akan menautkan ke Anda.

Semakin banyak Anda hadir di depan audiens Anda, semakin kuat visibilitas dan konversi Situs E-Commerce Anda.

Sekian Artikel Cara Agar Google Mengindeks Situs Anda Lebih Cepat, Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *