Cara Cepat Mengamankan Folder Di Laptop

Cara Cepat Mengamankan Folder Di Laptop untuk Windows 7, 8 & 10

Cara Cepat Mengamankan Folder Di Laptop

Sudah menjadi hal yang biasa, ketika laptop yang anda miliki dipakai atau dipinjamkan kepada rekan anda. Namun kadang memang rasanya kurang nyaman ketika meminjamkan barang milik kita, kemungkinan data kita juga akan diketahui walaupun tanpa disengaja.

CARA CEPAT AMANKAN DATA PRIBADI DI LAPTOP

Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengamankan folder anda sesuai dengan beberapa tipe Windows

Windows 7

• langkah pertama yaitu beralih pada windows Exploer, kemudian cari folder atau aplikasi apa saja yang ingin dilindungi menggunakan pasword. Setelah terpilih klik kanan pada folder tersebut. Dan pilih Properties pada menu kemudian klik opsi General.
• setelah terbuka, lanjut pilih Advanced, kemudian pilih Encrypt content to secure data, dan klik OK.
• Tunggu beberapa saat dan Nama pengguna beserta password telah diaktifkan. Klik dua kali pada folder tersebut untuk memastikan bahwa data telah diakses.

TRENDING:   Cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen

 

Windows 8 dan Windows 10

Pada windows 8 dan 10 anda tidak dapat menggunakannya untuk mengunci atau melindungi aplikasi dan folder dengan kata sandi. Pada tipe windows ini perlu diberikan tambahan perangkat lunak pihak ketiga atau menggunakan folder zip agar dapat mengamankan folder dan aplikasi pribadi anda.

Namun ketika anda tetap ingin mengamankan foder anda menggunakan tipe Windows ini, pastikan anda telah memilih menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, yang diunduh dari sumber yang memiliki reputasi baik dan berkualitas.

Zipper Folder

Ada beberapa tipe Windows yang memang tidak bisa dipergunakan untuk melindungi folder pada perangkat tanpa adanya tambahan dari perangkat lunak ketika. Melindungi fail zip menggunakan kata sandi adalah solusi yang dapat dilakukan apabila versi Windows anda tidak mendukung perlindungan kata sandi.

Cara mengaktifkannya sebagai berikut

  • Di bagian Windows Explorer, cari file yang ingin anda lindungi dengan kata sandi, ketika telah ditemukan lalu klik kanan pada file yang hendak dimasukan ke dalam fail zip.
  •  Nanti akan muncul beberapa pilihan menu, dan anda bisa memilih opsi Send to, kemudian Zip folder (compressed). Dan Ikuti petunjuk yang telah disediakan seperti petunjuk pemberian nama dan penyimpanan folder.
  • Ketika semua petunjuk telah di laksanakan, klik dua kali pada fail zip yang telah selesai dibuat, kemudian pilih File dan Add Password. Setelah diklik akan muncul sebuah informasi , anda hanya perlu mengisinya saja lalu jika sudah klik Apply.
  • Tunggu beberapa saat, file andapun telah diamankan menggunakan kata sandi.
TRENDING:   Cara memblokir Update Windows 10 Versi Terbaru

 

MENYEMBUNYIKAN FOLDER

Jika anda merupakan tipe yang tidak mau ribet tetapi tetap ingin diprivasinya terjaga. Tanpa menggunakan kata sandi anda juga dapat menyembunyikan aplikasi maupun file-file penting anda tanpa ada yang mengetahuinya.
Langkah ini dapat dilakukan pada tipe Windows 7, 8, dan 10. Tata caranya sebagai berikut

  • Pilih file atau aplikasi yang ingin anda sembunyikan keberadaannya, setelah ditemukan klik kanan pada bagian file yang akan disembunyikan. Akan muncul beberapa opsi, anda pilih saja opsi Properties.
  • Lalu lanjut dengan mengklik General, di bawah Attributes centang pilihan Hidden, dan pilih Apply.

Setelah langkah tadi dijalankan folder sudah berhasil disembunyikan. Tetapi jika folder maupun file yang anda sembunyikan tadi masil tetap terlihat pada layar.

  • Pilih File di Windows Explorer, kemudian Options, lalu pilih saja opsi View.
  • Pada bagian bawah Hidden files and folders, klik Don’t show hidden files, folder, or drives. Dan cek kembali apakah file tadi masih muncul atau tidak.

ketika sewaktu-waktu anda ingin membuka file dan folder yang telah disembunyikan tadi, caranya cukup mudah anda hanya perlu mengikuti intruksi sebelumnya.tetapi terlebih dahulu pastikan bahwa anda telah mengklik Show hidden files, folder, or drives.

TRENDING:   10 Cara Membuka Setting Windows 10 Praktis di Pakai

Ternyata cukup mudah bukan untuk mengamankan data pribadi anda tanpa orang lain bisa mengetahuinya, tunggu apa lagi segera terapkan tips ini demi menjaga privasi dan kenyamanan anda. Selamat mencoba!