Membatasi Bandwidth wifi indihome
Membatasi Bandwidth wifi indihome

Cara Membatasi Bandwidth Wifi Dan Kecepatan Wifi Indihome

Membatasi Bandwidth wifi indihome
 

Internet nirkabel telah mengubah hidup kita. Jaringan Internet menjadi konsumsi harian melebihi konsumsi makan. Banyak Jaringan internet nirkabel di Indonesia, Seperti indihome, Speedy, Biznet, Smartfren, Bolt, dll.

Sering kali Mengalami Masalah Bandwidth dan kecepatan wifi bermasalah dan melambat, karena penggunaannya tidak di batasi. Oke anda, hanya memakai secukupnya, namun anggota keluarga anda yang lain memakai dan menghabiskan banyak bandwidth untuk hal yang tidak begitu penting.

Pada artikel ini, kami akan menjelajahi panduan terperinci tentang cara membatasi Bandwith Wifi indihome Router Anda.

Namun, sebelum kita mulai, mari kita lompat ke manfaat dari membatasi kecepatan WiFi.

  • Wifi Tanpa Gangguan Koneksi
  • Jika Anda streaming, Anda tidak akan Mengalami Buffering
  • Jika Anda memiliki koneksi internet terbatas, Anda dapat memastikan siapa yang menggunakannya dan dengan demikian menghilangkan kemungkinan Pemakaian yang Berlebihan.

Pada Umumnya Cara Ini bekerja Pada Jaringan Wifi Manapun, Cara Ini Bisa Digunakan Untuk cara membatasi bandwidth wifi indihome huawei hg8245h, membatasi bandwidth wifi mikrotik, Membatasi Bandwidth huawei hg8245a, membatasi bandwidth wifi zte f609, Bolt dll.

Cara membatasi WiFi di Router Anda

Ada beberapa cara untuk membatasi jaringan WiFi Anda. Namun, faktor terpenting adalah router yang Anda gunakan. Untuk memastikan Anda tidak bingung, kami akan membantu Anda, biasanya pengguna wifi menggunakan dua produsen router utama yang mencakup router TP-Link dan D-Link. Kami juga akan membahas pendekatan umum untuk router lain juga.
Namun, kami melanjutkan dan membuat daftar rute untuk setiap jenis router, pertama-tama kami perlu mengetahui alamat router.

Temukan Router Address

Cara terbaik dan termudah untuk mengetahui alamat router Anda adalah dengan menjalankan perintah ipconfig / all di command prompt Anda.

Langkah 1: Ketik PowerShell ke dalam pencarian Windows di sebelah tombol Start.

Langkah 2: Sekarang, ketik ipconfig / all.

Langkah 3: Sekarang Anda akan mendapatkan banyak informasi. Di sana Anda perlu mencatat alamat IP gateway. Alamat IP Ini adalah alamat IP dari router jaringan Anda. Anda juga harus mencatat alamat IPv4 dan alamat fisik (alamat MAC).

Baca Juga  Cara Membuat Faktur di Word Secara Gratis Dengan Puluhan Template

Setelah Anda memiliki informasi di atas, Anda dapat memulai tutorial.

 

Cara Membatasi Bandwidth WiFi di TP-Link Router

Untuk mengakses pengaturan router, Anda perlu mengetikkan alamat IP router ke browser.

Biasanya, alamat IP router adalah 192.168.0.1. Anda juga dapat mengetik tplinkwifi.net ke dalam browser Anda dan itu mengarahkan Anda ke halaman login router.

Membatasi Bandwidth WiFi di TP-Link Router

Setelah Anda masuk sebagai administrator, Anda akan memiliki kendali penuh atas Router.

Dari sana, Anda perlu pergi ke Advanced Settings. Di sana Anda akan menemukan fitur bernama Quality of Service. QoS memungkinkan Anda untuk mengontrol router Anda. Selain itu, jika router Anda mendukung NAT Boost, Anda tidak dapat mengaktifkannya bersamaan.

Untuk melanjutkan, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Peningkatan NAT dinonaktifkan. Anda juga dapat menemukan opsi NAT di pengaturan Lanjutan. Setelah selesai, Anda harus pergi ke QoS dan kemudian mengaktifkan QoS di router Tp-link Anda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah selesai, Anda sekarang dapat mengatur batas unggahan dan unduhan bandwidth router Anda. Karena kami menggunakan router Gigabit, kecepatan kami ditetapkan pada kecepatan unggah atau unduh 1000. Di sinilah Anda mulai mengontrol bandwidth Anda.

Untuk mendapatkan kontrol, Anda juga dapat bekerja dengan daftar aturan QoS. Beberapa router sudah ditentukan sebelumnya dengan aturan QoS sehingga Anda dapat memanfaatkannya. Router TP-Link Archer C9 kami menyediakan daftar tiga aturan:

  • Prioritas tinggi (60%)
  • Prioritas sedang (30%)
  • Prioritas rendah (10%).

Anda dapat mengklik tombol “Tambahkan” di setiap daftar aturan dan kemudian menetapkan perangkat yang sesuai.

Anda juga dapat mengubah rasio dengan mengklik Advanced, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sekarang mari kita tunjukkan langkah-langkah tentang cara menambahkan perangkat atau aplikasi ke daftar.

Membatasi Kecepatan wifi TP Link ROuter

Langkah 1: Klik Add pada salah satu daftar yang Anda miliki.

Langkah 2: Sekarang masukkan nama perangkat dan alamat MAC (Jika Menggunakan MAC).

Anda juga dapat melihat perangkat saat ini yang terhubung ke jaringan dan kemudian menambahkannya.

Opsi lain yang dapat Anda gunakan adalah di mana Anda dapat membatasi kecepatan WiFi aplikasi. Setelah Anda mengkliknya, Anda akan diberi banyak nama aplikasi untuk ditambahkan. Lihat gambar di bawah ini untuk melihat seperti apa tampilannya.

Seperti yang juga dapat Anda lihat pada gambar, Anda dapat menambahkan aplikasi kustom dengan menambahkan nama, protokol (TCP atau UDP), dan port yang Anda sambungkan.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa Keamanan Internet Begitu Penting

Tapi, bagaimana dengan router TP-link yang tidak menggunakan metode yang sama untuk melakukan pembatasan bandwidth atau kontrol bandwidth. Pada router berbiaya rendah, Anda akan mendapatkan opsi langsung.

Setelah masuk, Anda sekarang dapat mengklik Pengaturan Kontrol Bandwidth yang seharusnya tersedia di sisi kiri.

Sekarang, Anda perlu memilih Enable Bandwidth Control dan kemudian pilih Line Type.

Juga akan ada dua opsi yang tersedia di sana, Egress Bandwidth dan Ingress Bandwidth. Kedua pita ini terkait dengan bandwidth nyata yang disediakan oleh ISP, yang masing-masing terkait dengan kecepatan unggah dan unduh.

Setelah Anda mengisi semuanya, sekarang Anda dapat mengklik Simpan.

Sekarang pergi ke Kontrol Bandwidth lalu Rules List.

Di sana Anda dapat menambahkan aturan baru di mana Anda dapat mengatur rentang IP, jangkauan port, protokol, dan terakhir, bandwidth masuk dan keluar.

Anda dapat menambahkan aturan spesifik sebanyak yang Anda inginkan. Pengaturan kisaran IP harus diatur dengan benar; Jika tidak, itu dapat memperlambat atau bahkan membatasi bandwidth perangkat yang terhubung dengannya.

Anda telah berhasil membatasi kecepatan WiFi di router TP-link Anda.

Cara Membatasi Bandwidth WiFi pada D-link Router

Membatasi Bandwidth juga bbekerja pada router D-Link. Sama seperti router TP-Link, Anda juga dapat mengontrol kecepatan internet dengan router tersebut. Selain itu, ia menggunakan rentang atau alamat IP untuk membatasi internet dan mengontrol lalu lintas.

Setelah masuk ke Router D-Link, Anda harus pergi ke bagian Advanced lalu pilih Traffic Control.

Dari sana, Anda perlu mengklik “Add” dan kemudian melakukan “Add Rules”.

Sekarang, Anda harus memasukkan alamat IP komputer yang ingin Anda batasi internetnya di bidang IP sumber. Anda juga perlu menetapkan alamat IP ke sebagian dari bandwidth dan kemudian menetapkannya. Setelah selesai, klik Add Rules dan pengaturan akan disimpan. Dengan cara ini Anda dapat menentukan kecepatan internet menggunakan WiFi.

 

Cara Membatasi bandwidth Wi-Fi IndiHome huawei hg8245h

Membatasi Bandwidth wifi indihome

Selain itu, bagi pengguna Wifi Indihome huawei hg8245h, Anda juga bisa melakukan pembatasan bandwidth dengan langkah-langkah berikut ini. Ya, inilah cara termudah dan tercepat untuk mengurangi bandwidth Wifi Indihome saat ini.

  1. Langkah Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke browser dan ketik 192.168.1.1, ini adalah kode IP untuk pengaturan pada router dan mungkin router lain yang berbeda. Anda juga dapat melihat sendiri alamat setup di bagian bawah router
  2. Langkah Kedua, masukkan nama pengguna “admin” dan kata sandi “12345“. Jika Anda tidak dapat masuk, lihat nama pengguna dan kata sandi Anda di bagian bawah router.
  3. Langkah Ketiga, jika Anda telah berhasil masuk, masuk ke menu pengaturan router Wifi dan lihat jenis router ini, ketuk Jaringan —> Nirkabel (92,4 GHz).
  4. Langkah Keempat, ubah Mode Wifi ke Mode B.
  5. Klik Save
Baca Juga  Kaspersky Internet Security Pelindung Terbaik Komputer Anda

Cara Membatasi Bandwidth WiFi di router lain

Untuk router lain, sebaiknya lihat dokumentasi dan video online untuk melihat cara mengurangi kecepatan internet.

Namun, proses membatasi kecepatan WiFi dan Internet kurang Lebih sama untuk sebagian besar router di luar sana. Setelah Anda masuk ke router, Anda akan menemukan opsi Bandwidth Limit di bagian lanjutan.

Yang harus Anda lakukan adalah menghabiskan waktu Anda mengonfigurasi dengan seperangkat aturan yang benar. Sebelum melanjutkan, Anda perlu mencatat setiap perangkat yang kecepatannya ingin Anda tentukan juga. Setelah Anda menyadarinya, Anda dapat membuat aturan untuk masing-masing dan menikmati kecepatan internet yang lebih baik melalui jaringan.

 

Pertanyaan yang sering diajukan (faq)

Ada banyak pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang mencari solusi untuk membatasi kecepatan WiFi. Mari kita ulas di bawah ini:

Bagaimana cara menentukan kecepatan router WiFi saya?

Anda dapat melakukan ini hanya dengan mengatur aturan yang ditentukan di router Anda. Kami telah membahas proses di atas.

Bagaimana cara menentukan bandwidth untuk setiap perangkat?

Bandwidth untuk setiap perangkat juga dapat ditentukan melalui pengaturan lanjutan router. Kami juga telah membahasnya secara rinci.

Bagaimana cara membatasi penggunaan WiFi saya?

Penggunaan bandwidth juga dapat dibatasi melalui Advanced Settings di router Anda.

 

Penutup

Ini membawa kita ke akhir tutorial, di mana kita membahas Cara Membatasi Bandwidth WiFi dan Kecepatan wifi. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol kecepatan internet Anda dengan cara terbaik. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa router WiFi dikonfigurasi dengan benar dengan alamat IP dan alamat perangkat. Jika Anda mencampur alamat IP, itu akan memblokir perangkat yang sah untuk mengakses internet. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memeriksa kembali dan memasukkan IP yang Benar untuk menghindari gangguan Koneksi Pada Jaringan Perangkat anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *