14 Cara Mempercepat laptop lambat pada windows 10, 8, 7 gratis

14 Cara Mempercepat laptop lambat pada windows 10, 8, 7 gratis

14 Cara Mempercepat laptop lambat pada windows 10, 8, 7 gratis

Kamu Ingin mempercepat laptop atau PC kamu? Kami membagikan trik sederhana dan yang pasti gratis, yang dapat dilakukan siapa saja untuk mempercepat PC atau laptop yang dijalankan pada Windows 10, 8, atau 7.
mencoba bekerja dengan komputer yang lambat bisa sangat membuat kita frustrasi. Bahkan jika kamu rajin merawat laptop atau PC, sungguh mengejutkan betapa banyaknya berbagai hal dapat memperlambat laptop atau PC kamu. Jika kamu bertanya pada diri sendiri “mengapa laptop saya sangat lambat” dan menjalankan Windows 10, 8 atau 7, artikel ini cocok untuk kamu!

Untungnya, kamu tidak perlu mengganti komputer kamu. Sebenarnya, kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkannya di departement kinerja. Dengan beberapa penurunan sederhana ke beberapa proses teknologi, bahkan komputer yang paling lambat pun dapat kembali ke kondisi normalnya.
Dalam artikel ini, kami mengungkapkan 14 hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat laptop atau PC yang lambat pada Windows 10, 8 atau 7. Untuk artikel ini secara khusus, kami akan fokus pada masalah kinerja sistem daripada yang terkait jaringan kamu. Kami menggunakan Windows 10 jadi kami akan menggunakan versi ini untuk instruksi disertai screenshot. Namun, cara ini bisa juga di tujukan pada Windows 8 dan 7 yang kurang lebih pun sama.

Berikut ini cara mempercepat laptop kamu yang lambat:

1. Tutup program pada tray system

Jika komputer kamu mulai lambat, kamu mungkin memiliki beberapa program yang berjalan secara bersamaan dengan Windows itu sendiri. Item tray system sering kali berjalan saat menghidupkan laptop atau PC dan kemudian tetap terus berjalan saat kamu menggunakan komputer.

Untuk mengakses item ini, klik panah atas di sebelah kanan bilah tugas.

desktop dengan tray system berjalan

Jika ada program yang tidak perlu kamu jalankan, klik kanan program tersebut dan tutup.

 

2. Matikan program saat startup

Mirip dengan program yang berjalan di tray sistem, program lain yang berjalan secara otomatis saat startup dapat memperlambat PC kamu. kamu mungkin sebenarnya ingin menjalankan beberapa di antaranya, seperti software anti-virus, tetapi yang lainnya mungkin tidak diperlukan.

Klik kanan di taskbar dan pilih task manager atau tekan Ctrl-Shift-Escape untuk langsung (shortcut). Buka tab Startup dan kamu akan dapat melihat setiap elemen yang diluncurkan saat startup, bersama dengan efeknya.

task manager startup

Tinjau ini dan tentukan mana yang tidak perlu dimulai secara otomatis. Proses ini sangat berguna untuk kinerja jika kamu dapat menonaktifkan beberapa proses berdampak tinggi. Tetapi perhatikan bahwa beberapa program ini diperlukan untuk menjalankan Windows. Misalnya, Microsoft sebaiknya dibiarkan sendiri. Jika kamu tidak yakin, tinggalkan atau coba pencarian Google untuk mempelajari lebih lanjut.

Untuk menonaktifkan, cukup klik kanan dan klik disable. Ingatlah bahwa kamu tidak menonaktifkan program, hanya ketika program itu berjalan saat startup.

Pada Windows 7 untuk mengakses task manager, kamu harus mencari Konfigurasi Sistem.

 

3. Perbarui sistem operasi, driver, dan aplikasi

kamu mungkin pernah mendengar bahwa memperbarui perangkat lunak kamu adalah ide yang baik untuk keamanan. Itu benar dan dapat membantu kinerja juga. Windows secara otomatis akan mengirimi kamu pemberitahuan ketika pembaruan tersedia. kamu hanya perlu memastikan untuk tidak menunda-nunda.

Jika kamu merasa melewatkan pembaruan, kamu selalu dapat memeriksanya. Pergi ke start dan klik settings atau ikon Pengaturan. Lalu pergi ke update & security — > Windows Update.

TRENDING:   Cara Menghapus Virus di Komputer Windows 10 Secara Mudah

Perbarui sistem operasi, driver, dan aplikasi

Terlepas dari sistem operasi kamu, driver dan aplikasi juga harus diperbarui. Sekali lagi, ini bagus untuk keamanan dan kinerja. Jika kamu merasa melewatkan pembaruan, pencarian di google akan memberi tahu kamu versi mana yang akan digunakan.

 

4. Hapus file yang tidak perlu

Sama seperti lemari dan laci, komputer kita bisa menjadi berantakan. Meskipun kamu tidak dapat benar-benar melihatnya, kamu bisa tahu itu ada, dan itu dapat berdampak negatif pada kinerja PC kamu. Ini terutama jika kamu menangani banyak file besar, seperti gambar HD, file audio, dan video, setiap hari.

Kosongkan ruang biasanya dengan menghapus file dan folder setiap minggu dan mengosongkan Recycle Bin sesudahnya. Melakukan ini secara teratur berarti kamu mungkin akan mengingat dengan tepat apa yang ada di file dan folder kamu dan tidak perlu khawatir menghapus sesuatu yang penting secara tidak sengaja.

Tips bermanfaat: Hard drive biasanya bekerja dengan kecepatan maksimum hingga mencapai kapasitas sekitar 90%. Jadi jika kamu memeriksa berapa banyak ruang yang digunakan dan jumlahnya lebih dari 90%, itu mungkin yang memperlambat segalanya. SSD secara bertahap melambat saat terisi, jadi sebaiknya kamu terus mengetahuinya. Disarankan agar SSD kamu tidak mengisi lebih dari 75% kapasitasnya.

 

5. Temukan program yang menghabiskan sumber daya

Jika kamu menemukan bahwa komputer kamu tiba-tiba berjalan sangat lambat, mungkin ada program tertentu yang menjadi penyebabnya. Salah satu cara untuk mengidentifikasi pelakunya adalah dengan pergi ke task manager kamu dan melihat apa yang menghabiskan sumber daya kamu.

Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager. Klik pada rincian lebih lanjut untuk melihat informasi tentang program yang sedang berjalan di komputer kamu.

task manager proses

kamu dapat mengklik setiap header untuk mengurutkan daftar sesuai dengan aplikasi yang paling banyak menggunakan sumber daya spesifik tersebut. Jika kamu perlu menutup sesuatu, coba tutup aplikasi sebenarnya terlebih dahulu. Jika tidak menutup, kembali ke layar Task Manager, klik kanan pada aplikasi, dan tekan End task.

Pada Windows 7 untuk mengakses task manager, kamu harus mencari Konfigurasi Sistem.

 

6. Sesuaikan pilihan daya kamu

Windows dilengkapi dengan beberapa “power plan” yang telah dibuat sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan kamu. Default diatur ke Seimbang, yang memperhitungkan kinerja dan konsumsi daya. Tetapi yang terakhir hanya menjadi perhatian jika kamu kehabisan baterai atau mencoba menjaga tagihan listrik kamu tetap rendah. Karena itu, kamu mungkin ingin mengubah paket kamu.

Opsi Power Saving Plan bukanlah ide yang baik jika komputer kamu sangat lambat. Ini mengurangi kinerja komputer kamu untuk menghemat daya. Seperti namanya, rencana kinerja yang lebih tinggi adalah pilihan yang lebih baik. Meskipun menggunakan lebih banyak daya, ini mendukung kinerja system sehingga dapat membantu mempercepat mesin kamu.

Selain dari opsi stkamur, kamu dapat memilih untuk membuat rencana khusus kamu sendiri. Buka Control Panel–> hardware and sound – -> power option> pilih atau kostum power plan kamu dan pilih change plan settings dan pilih next.

power saving

Alternatifnya, kamu dapat memulai dengan rencana yang ada dan memodifikasinya. Untuk melakukan ini, buka Control Panel –> Hardware and Sound –> Opsi Daya –> Pilih atau sesuaikan rencana daya dan pilih Ubah pengaturan paket di sebelah paket yang ada.

Dalam kedua kasus tersebut, opsi utama mencakup berapa lama layar tetap menyala saat tidak aktif dan berapa lama sebelum komputer tidur. Ini tidak akan benar-benar memengaruhi kecepatan PC kamu, tetapi jika kamu mengubah pengaturan daya lanjutan, kamu dapat membuat lebih banyak penyesuaian yang akan berpengaruh.

 

7. Hapus program yang tidak kamu gunakan

Kami sering menginstal program besar tanpa menyadari berapa banyak ruang yang mereka tempati. Jika menurut kamu ini masalahnya, kamu dapat dengan mudah menghapus semua program yang tidak kamu gunakan. Meskipun itu adalah program yang kamu gunakan sesekali, jika programnya sangat besar, mungkin ada baiknya kamu menginstalnya kembali setiap kali kamu perlu menggunakannya.

TRENDING:   Apa Itu Ransomware Protection & Ransomware WannaCry?

Untuk menghapus program, buka Control Panel –> Program –> Program dan Fitur.

Hapus program yang tidak kamu gunakan
uninstall program

Buka Program dan pilih program yang tidak kamu perlukan, jika ada. Jika kamu tidak yakin tentang program tertentu, kamu dapat menggunakan mesin pencari untuk mengetahui lebih lanjut. Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan alat seperti PC Decrapifier dengan nama yang tepat untuk membantu kamu membedakan yang baik dari yang buruk.

 

8. melakukan turn Windows features on or off

Saat berada di layar Program dan features kamu mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ada komponen Windows yang tidak kamu perlukan. Klik turn Windows features on or off dan kamu akan melihat daftar komponen tersebut.

turn windows features on or off

kamu pasti ingin berhati-hati agar tidak benar-benar mematikan apa pun yang kamu butuhkan. Jadi sekali lagi, mencari sesuatu yang tidak kamu yakini adalah ide yang bagus.

 

9. Jalankan Disk Cleanup

Windows hadir dengan alat bawaan untuk membersihkan file sampah yang menumpuk seiring waktu. Untuk mengakses alat Pembersihan Disk, buka Control Panel –> System and security –> administrative tools dan pilih Disk cleanup dari menu.

disk Cleanup

Di sini, kamu dapat memilih jenis file yang ingin kamu hapus dan klik OK. Kemudian clean up system files dan pilih file sistem mana yang ingin kamu hapus.

 

10. Defragmentasi hard drive kamu

Seiring waktu, file di hard drive menjadi terfragmentasi. Karena komputer kamu sekarang harus memindai beberapa tempat untuk pemotongan dan laptop dapat bekerja lebih lambat. Istilah “defragmentasi” terdengar sedikit menarik, tetapi pada dasarnya berarti menyatukan kembali file-file ini sehingga sistem kamu dapat berjalan lebih efisien.

Faktanya, ini adalah sesuatu yang dilakukan Windows 10, 8, dan 7 secara otomatis pada jadwal yang ditentukan. Jadwal default adalah seminggu sekali, tetapi kamu dapat masuk dan menjalankannya secara manual jika kamu mencurigai ada masalah.

Pertama, penting untuk dicatat bahwa kamu tidak perlu melakukan ini kecuali komputer kamu menggunakan hard disk drive (HDD) mekanis tradisional. SSD bekerja secara berbeda dari hard disk drive, dan tidak perlu melakukan defrag. Jika kamu memiliki keduanya, cukup defragmentasi hard drive kamu.

Buka “my computer” dan klik kanan pada hard drive kamu (ini disebut secara default WINDOWS (C 🙂 meskipun kamu mungkin telah menamainya kembali). Lalu pergi ke Properties> Tools dan di bawah Optimize and Defragment Drive, klik Optimize.

optimize drive

kamu kemudian akan melihat popup untuk layar Optimasi.

optimize drive

Perhatikan bahwa pada gambar di atas, semua drive adalah SSD. Ini tidak perlu didefragmentasi. Pada analisis, drive SSD akan berwarna abu-abu, dan sebaliknya untuk hard drive akan tersedia.
Pilih hard drive dan klik Analyze untuk melihat seberapa terfragmentasi itu. Aturan praktis yang baik adalah menyimpannya di bawah 5%. Jika sudah di atas, kamu bisa klik Optimalkan ke Disk Defragment.

Jika kamu memiliki SSD, kamu akan melihat bahwa Optimize benar-benar merupakan opsi yang tersedia. Mengkliknya akan meluncurkan TRIM command yang akan menghapus data yang tidak lagi digunakan.

Pada Windows 7 Cari Disk Defragmenter menggunakan tab search dan pilih HDD di bawah current status.

 

11. Sesuaikan atau nonaktifkan grafik dan animasi

Versi Windows yang lebih baru hadir dengan banyak grafik, termasuk animasi seperti efek fade out dan popup. Ini membantu membuat aplikasi terlihat lebih elegan dan halus serta berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan namun ini malah memperlambat laptop atau PC kamu.
Untungnya, pengaturan ini mudah disesuaikan dan mudah-mudahan menghemat sedikit daya pemrosesan. Buka Control Panel> System and Security –> System –> Advanced System Settings. Selanjutnya, di bagian performance, klik Pengaturan dan kamu akan mendapatkan daftar lengkap pilihan.
kamu dapat memilih Sesuaikan untuk kinerja terbaik (ini akan menghapus semua efek visual) atau memilih untuk menghapus beberapa satu per satu. Ini masalah preferensi, tetapi fitur fade and shadow adalah beberapa fitur yang mungkin tidak kamu miliki.

TRENDING:   10 Cara Membuka Setting Windows 10 Praktis di Pakai

Pada Windows 7 Temukan performance information and tools, pilih adjust visual effects, dan gunakan tab Efek Visual.

 

12. Periksa adanya malware

Malware adalah istilah luas yang digunakan untuk mendeskripsikan perangkat lunak berbahaya yang dapat membahayakan komputer kamu. Ini mungkin berasal dari berbagai sumber, termasuk tautan email, unduhan software, dan bahkan iklan (iklan palsu). Selain berpotensi menyebabkan kerusakan permanen pada sistem kamu, beberapa bentuk malware dapat memperlambat komputer kamu.
Menginstal antivirus yang baik dapat membantu melindungi dari malware dan ancaman lainnya. Beberapa opsi gratis yang kuat tersedia, tetapi jika kamu bersedia membayar biaya, kami merekomendasikan Bitdefender, VIPRE, atau McAfee.
Jika kamu menduga bahwa malware benar-benar memengaruhi komputer kamu, kamu dapat memeriksanya dengan pemindai seperti Zemana AntiMalware. kamu kemudian dapat menghapusnya menggunakan alat penghapus seperti Malwarebytes Anti-Rootkit. Kami menguji kedua produk tersebut dan sangat puas dengan hasilnya.

 

13. Nonaktifkan Cortana

Sementara asisten digital Windows 10, Cortana. Cortana adalah fitur yang berguna, ia menggunakan banyak sumber daya dan juga merupakan ancaman privasi. Cortana mudah dihapus tetapi dalam versi terbaru, ini lebih rumit. Namun, jika kamu siap untuk mengubah registri sistem kamu, ini dapat dilakukan.

 

14. Tingkatkan perangkat kamu

Terakhir Jika kamu sudah mencoba semua trik yang disebutkan di atas namun tidak berubah, mungkin sudah saatnya membeli beberapa perangkat keras baru. Berikut beberapa hal yang mungkin ingin kamu investasikan:
Menambahkan SSD: Meskipun hard drive menyediakan lebih banyak ruang dengan harga yang lebih rendah, menambahkan SSD dapat membuat komputer kamu bekerja lebih cepat.
Tambahkan lebih banyak RAM: Jika kamu memiliki sistem lama, mungkin memori terlalu sedikit untuk menjalankan aplikasi modern secara efisien. Selain itu, jika kamu menggunakan banyak program pada satu waktu, kamu mungkin tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankannya. Memasang batch RAM baru mungkin memberi kamu dorongan yang kamu butuhkan.

Beberapa Tips tambahan

Tentu saja, bukan hanya OS kamu yang memperlambat segalanya. Kebiasaan komputer tertentu, aplikasi, dan sistem lain dapat menyebabkan pengalaman yang lambat secara keseluruhan. Berikut beberapa tip tambahan untuk membantu kamu mempercepat:

  • Jaga kebersihan komputer kamu: Ini mungkin tampak jelas, tetapi debu dan kotoran yang menumpuk dapat memperlambat komputer kamu. Pembersihan fisik komputer secara teratur dapat membantu mempercepat dan menghindari panas berlebih.
  • Hapus ekstensi browser yang tidak digunakan: Ini dapat memperlambat pengalaman menjelajah kamu sehingga ada baiknya melakukan pembersihan rutin di sana.
  • Gunakan ekstensi hemat memori: Berbicara tentang ekstensi, jika kamu pengguna Chrome, ada ekstensi populer (The Great Suspender) yang mengurangi jejak memori pada tab yang terbuka.
  • Restart ulang: Terkadang yang kamu butuhkan hanyalah sepatu baru. Memulai ulang komputer kamu dapat mengaktifkan pembaruan dan menutup program yang dihentikan. Saat kamu beristirahat, mungkin ini saat yang tepat untuk memulai ulang saat kamu pergi dan mengambil cangkir sendiri.
  • Menjalankan lebih sedikit program secara bersamaan: Sama seperti multitasking yang dapat merusak produktivitas kita, menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan dapat memperlambat kecepatan komputer kamu. Biasakan menutup program daripada hanya meminimalkannya dan kamu akan melihat beberapa peningkatan.
  • Instal ulang OS: Jika kamu telah mencoba semuanya dan masih mengalami masalah, pilihan terakhir kamu mungkin menggunakan penginstalan Windows yang baru.

 

Jaga agar semuanya berjalan lancar

Setelah kamu membersihkan PC dengan menerapkan beberapa tip di atas, kamu pasti ingin menjalankannya dengan kecepatan penuh. Untuk menghindari frustrasi karena kinerja yang kurang bagus, sebaiknya jadwalkan pembersihan bulanan. Gunakan daftar tip di atas sebagai daftar periksa yang berguna dan kamu siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.