Cara Mengetahui RAM Laptop

Cara Mengetahui RAM Laptop Anda Dan Kecepatannya

Cara Mengetahui RAM Laptop

RAM komputer merupakan memori jangka pendek yang cepat yang Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi dan membuka file. Semakin besar RAM yang dimiliki komputer Anda, semakin banyak yang dapat Anda lakukan sekaligus. Berikut cara memeriksa berapa banyak isi sistem Anda.

Kami akan menunjukkan Cara Mengetahui RAM Laptop Anda Dan Kecepatannya. Seperti hampir semua Komponen teknologi, terkecuali baterai – RAM meningkat lebih cepat dari waktu ke waktu. Komputer yang lebih baru akan memiliki RAM yang lebih cepat daripada komputer lama.

Apa itu RAM?

RAM berarti Random Access Memory. Ini adalah memori kerja sebenarnya yang digunakan komputer Anda. Semua aplikasi, file, dan data lain yang terbuka disimpan di sini untuk akses cepat. RAM berbeda dari SSD atau hard disk drive komputer, yang jauh lebih lambat daripada RAM. Saat Anda menjalankan program atau membuka file, file tersebut dipindahkan dari penyimpanan sistem ke RAM-nya.

Semakin besar kapasitas RAM Anda, Semakin Banyak Aplikasi Yang bisa diJalankan Sekaligus. Jika Anda tidak memiliki cukup RAM untuk aplikasi yang terbuka, sistem Anda akan melambat karena Windows (atau sistem operasi lain) harus memindahkan data dari file halaman pada drive sistem. Anda mungkin melihat kesalahan memori rendah jika tidak ada cukup RAM.

Baca Juga  7 Cara Memperbaiki Masalah Keyboard Laptop

Jumlah RAM yang Anda butuhkan tergantung pada apa yang Anda lakukan. Anda akan membutuhkan lebih banyak RAM untuk memainkan game PC terbaru, menjalankan mesin virtual, dan mengedit video 4K.

Cara Memeriksa Kapasitas RAM Di Windows

Cara ini bisa digunakan pada laptop Acer, Asus, Lenovo, Toshiba, HP dan Samsung. Anda dapat memeriksa berapa banyak RAM yang Anda miliki dengan beberapa cara cepat.

1. Di Windows 10, gunakan Task Manager.
2. Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager atau tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membukanya.
3. Klik pada tab “Performance” dan pilih “Memory” di panel kiri.

Kapasitas RAM

Jumlah total RAM yang telah Anda instal ditampilkan di sini, DUAL atau SIngle RAM. Task Manager juga memberi tahu Anda Berapa Kapasitas RAM, dan jenis RAM nya DDR kah, DDR3 kah atau DDR3L kah, DDR4 kah, atau DDR2 kah? Tampil juga Speed, Form Factor, dan berapa banyak slot memori RAM yang digunakan sistem Anda. Anda dapat menginstal lebih banyak RAM jika Anda dapat membuka komputer Anda (Tidak Semua Laptop Ada) dan memiliki beberapa slot cadangan.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Di CAS Pada Windows 10

Task Manager tidak memberikan informasi yang berguna ini pada Windows 7. Sebagai gantinya, Anda dapat melihat jumlah total RAM di Control Panel
Control Panel -> System and Security -> System page.

Anda juga dapat membukanya dengan cepat dengan membuka menu Start -> klik kanan pada “Computer” dan pilih “Properties“. Lihat di sebelah kanan “Memori Terpasang” di bawah System.

Untuk melihat informasi yang lebih spesifik tentang pengaturan waktu RAM Anda di Windows 10 atau 7, kami merekomendasikan CPU-Z. Unduh dan instal CPU-Z, luncurkan, dan klik tab “Memory” untuk melihat informasi ini.

Jika Anda membuat komputer sendiri, RAM Anda mungkin tidak berjalan pada waktu yang diiklankan sampai Anda menyesuaikan pengaturan waktu.

Informasi ini umumnya ditampilkan dalam firmware UEFI atau BIOS juga. Ini sangat berguna jika Anda menggunakan komputer tanpa sistem operasi yang berfungsi. Luncurkan saja, gunakan pintasan keyboard untuk masuk ke firmware BIOS atau UEFI (bervariasi di setiap komputer), dan cari informasi tentang memori sistem atau RAM.

Baca Juga  Cara Menghapus Virus di Komputer Windows 10 Secara Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *