cara mengurangi penggunaan RAM pada google Crome di laptop

Cara Mengurangi Penggunaan RAM pada Google Chrome di Laptop

cara mengurangi penggunaan RAM pada google Crome di laptop

Google Chrome saat ini adalah salah satu browser paling populer. Browser default Google memiliki banyak fitur dan sangat mudah digunakan oleh siapa saja, itulah sebabnya banyak orang menggunakan Google Chrome.

Google Chrome adalah browser unik di setiap tab, plug-in, dan ekstensi yang saat ini kamu buka atau jalankan memiliki prosesnya sendiri. Hal ini membuat Chrome selalu stabil dan cepat karena setiap proses berlangsung terpisah.

Namun permasalahan utamanya adalah Google Chrome sering mengkonsumsi banyak memori, membuat laptop kamu lambat.

Ketika mencapai batas tertentu, laptop kamu bisa terasa sangat lambat, bahkan dalam kasus terburuk dapat macet atau hang.

Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan langkah yang sangat akurat dan mudah agar Google Chrome tidak terlalu banyak menjalankan memori saat berjalan.

Cobalah untuk melakukan 6 langkah ini, ini cara yang sangat mudah. Untuk melakukan ini, hanya butuh satu menit:

  1. Pertama-tama, klik kanan ikon pintasan di layar desktop.
  2. Jika icon pintasan Google Chrome belum ada di desktop kamu, buat terlebih dahulu dengan mengirim Shotcut ke desktop kamu dari dalam Windows Explorer.
  3. Setelah mengklik kanan, pilih properti. Selanjutnya, cari kolom target, jika kamu mengetik di tempat asli terinstall, biasanya ada di “C” sebagai berikut: C:Users/ASUS/AppData/Local/Google-Chrome/Application/Chrome.exe
  4. Kemudian di bagian belakang teks yang ditambahkan sebelumnya menggunakan Purge-memory-button.
  5. Jadi nanti hasilnya adalah: C: Users/ASUS/AppData/Local/Google-Chrome/application/hrome.exe -purge-memory-button.
  6. Kemudian tekan “Apply dan tekan “OK” untuk menutup tab nya.
TRENDING:   5 Cara Menjaga Komputer Anda Bebas Virus

Kemudian untuk memeriksa apakah Google Chrome kamu tidak menghabiskan banyak memori, kamu dapat memeriksanya di Google Chrome Task Manager.

Caranya dengan memasukkan setelan Google Chrome di sudut kanan atas Google Chrome dan berada dalam format tiga titik, lalu tekan.

Kemudian cari nama tools –> more tools, lalu masuk ke task manager.

Nah, di sana kamu dapat mempelajari cara menggunakan memori Google Chrome, jadi sebaiknya sebelum kamu menerapkan langkah-langkah di atas, buka Google Chrome Task Manager terlebih dahulu, sehingga kamu dapat membandingkan sebelum memasukkan -purge-memory-button yang telah dijelaskan sebelumnya.

Maka kamu harus ingat bahwa alasan utama Google Chrome mengkonsumsi begitu banyak memori adalah “tab”.

Membuka beberapa tab secara bersamaan akan meningkatkan beban pada RAM laptop kamu. Berbeda jika kamu hanya membuka satu atau dua tab. Itu tidak akan menjadi masalah.

Jadi meskipun kamu telah melakukan tutorial di atas, ada hal lain yang dapat kamu lakukan untuk membuat Google Chrome makan lebih sedikit memori tidak membuka banyak tab.

TRENDING:   7 Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 Paling Mudah

Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.