Optimasi SEO OnPage

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog Paling Simple

Optimasi SEO OnPage

Kita yang telah mengenal website maupun blog harusnya paham apa itu SEO, yaitu Search Engine Optimation atau Optimasi mesin pencari, yang mana SEO sendiri merupakan suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kunjungan pada web maupun blog kita dari mesin pencari. SEO sendiri ada dua cara yaitu optimasi SEO On Page dan Optimasi SEO off page.

Untuk optimasi SEO On Page sendiri merupakan proses optimasi SEO yang berfokus pada isi dalam web atau blog, yang bertujuan agar isi konten tersebut mudah dibaca dan difahami oleh pengunjung web atau blog. Sedangkan optimasi SEO offpage merupakan proses optimasi yang dilakukan di luar isi dan konten dari website atau blog kita.

Kedua jenis optimasi ini sebenarnya saling mendukung dan saling berhubungan, bila website atau blog kita ingin muncul di halaman pertama mesin pencari. Dengan teknik SEO ini sangatlah menguntungkan bagi pemilik web atau blog, karena akan meningkatkan kunjungan bahkan meningkatkan konversi penjualan khususnya pagi penjual barang atau jasa online.

Adapun optimasi SEO yang didahulukan adalah kita melakukan optimasi SEO On Page sebelum SEO offpage. Intinya kita optimasi dulu website atau blog yang kita buat sebaik dan semenarik mungkin sehingga mudah difahami oleh pengunjung bafulah kita melakukan opytimasi SEO offpage sebagi pendukung kunjungan website atau blog kita.

 

Optimasi SEO pada Konten

Maka dari itu langsung saja kita bahas optimasi SEO on page. Beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk optimasi On Page diantaranya adalah :

Konten Berkualitas Untuk SEO On Page

  1. Konten Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas sehingga isi konten kita lebih relevan dan bisa menjadi solusi bagi pengunjung saat mereka mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencari. Diantaranya perlu memperhatikan isi kontennya, panjang dari konten disesuaikan dan perlunya melihat konten dari kompetitor.

  1. Permalink

Menggunakan permalink yang sederhana yaitu baiknya gunakanlah permalink sesuai dengan focus keyword atau kata kunci utama dalam konten kita. Sehingga memudahkan mesin pencari untuk mengenali isi konten yang kita buat. Untuk merubah permalink default agar menjadi sederhana terutama wordpres bisa pilih dashboard klikt setting lalu permalink setelah itu pilih struktur permalink post name kemudian save.

  1. Judul Menarik

Membuat judul konten yang menarik, sebab seperti yang kita tahu saat kita ketik kata di mesin pencari maka hanya akan ditampilkan judul dan deskripsi singkat dari web atau blog hasil pencarian tersebut. Makanya judul termasuk pempengaruhi jumlah kunjungan ke website atau blog kita. Bila perlu tambahkan angka pasti atau kata sifat dalam judul yang kita buat agar lebih powerfull.

  1. Heading Dan Subheading (H1 & H2)

Selain judul perlu juga membuat heading dan subheading yang baik dan jelas sesuai poko pembahasan. Heading dan subheading berfungsi untuk memisahkan pembahasan dalam artikel agar lebih mudah di ambil intinya oleh pembaca. Selain itu heading dan sub heading berfungsi memudahkan mesin pencari memahami isi dalam konten yang kita buat. Heading dan sub heading bisa berupa keyword dan turunannya.

  • Menuliskan focus keyword di paragraf pertama atau pada 100 kata pertama bila memang memungkinkan. Hal ini bertujuan agar pembaca bisa langsung tahu pembahasan artikel tersebut.
  • Menambahkan gambar atau video yang seuai dengan konten. Yang bertujuan agar pengunjung tidak merasa bosan dan bisa lebih tertarik dengan website atau blog kita. Bahkan lebih baiknya dengan menambahkan video karena peluang muncul di mesin pencari lebih besar. Adapun gambar yang di tampilkan usahakan jangan terlalu besar file nya, karena akan mempengaruhi kecepatan web kita. Makanya perlu untuk dioptimasi atau dikompres. Termasuk nama file gambar sesuai keyword serta mengubah alternatif teks juga sesuai keyword atau turunannya. Agar gambar bisa muncul di google search image dan mudah di pahami mesin pencari.
Baca Juga  SILO struktur SEO Sebagai Pondasi Kuat Untuk Blog

Beberapa hal tersebut merupakan optimasi SEO on page yang berhubungan erat dengan isi konten yang kita buat. Agar konten kita bisa menarik, relevan dan merupakan solusi bagi pengunjung untuk mendapatkan informasi yang di inginkan. Akhirnya kualitas website bagus mudah dimengerti dan meningkatkan kunjungan website.

 

Pendukung Optimasi SEO On page

Selain itu ada juga optimasi SEO on page yang sebagai faktor pendukungnya. Agar mudah dicari di mesin pencari, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Mobile friendly

Memilih menggunakan tema yang mobile friendly sehingga website atau blog kita bisa tetap diakses dengan baik walaupun menggunakan handphone. Karena kebanyakan kita sekarang mengakses internet adalah menggunakan handphone daripada laptop atau komputer. Oleh sebab itu agar kunjungan website kita banyak pergunakanlah tema yang mobile friendly.

  1. Kecepatan Website

Meningkatkan kecepatan website kita. Karena bila website kita loading lama maka akan membuat orang tidak jadi berkunjung pada website yang kita buat. Adapun menurut riset website yang baik paling tidak hanya 2 atau 3 detik saja bila lebih dari itu kemungkinan orang batal berkunjung nya lebih besar.

  1. OutBondlink

Menyisipkan outbond link, mengusahakan setiap artikel yang kita buat disisipkan link yang menuju website lain yang memang sesuai pembahasan dan website tersebut memang terpercaya. Bisa dijadikan referensi, rujukan atau pendukung materi yang kita bahas.

  1. Internal Link

Selain outbond link kita peelu juga menyisipkan internal link maksutnya link yang terhubung dengan pembahasan lain dalam website kita. Karena google lebih mengutamakan website yang kontenya beehubungan satu sama lain melalui internal link. Selain itu juga memudahkan pengunjung membaca konten lain yang masih beehubungan.

  1. LSI Keyword

Memanfaatkan LSI keyword , yaitu variasi dari kata kunci yang kita buat sebagai pokok pembahasan konten. Memang perlu untuk mengulang keyword beberapa kali. Tetapi jangan sampai di ulang berkali-kali sehingga nantinya oleh google dianggap spam. Dan akhirnya menurunkan kualitas website kita. Makanya perlu memanfaatkan variasi kata kunci yang mirip saat membuat artikel.

  1. Open New tabe

Mebuat link website kita menjadi open in new tab. Atau istilahnya bila link website kita di buka maka akan otomatis terbuka dalam tab baru. Sehingga pengunjung bisa lebih mudah kembali ke artikel awal tanpa harus klik back.

Baca Juga  3 Cara Riset Keyword Menggunakan Tools Gratis Dan Berbayar Terbaik

 

Keuntungan Optimasi SEO

Semua langkah tersebut merupakan proses optimasi SEO on page yang bisa dilakukan dengan mudah. Bisa kita lakukan satu persatu tiap langkahnya dengan sebaik mungkin. Agar hasil SEO yang kita dapatkan lebih maksimal. Kualitas website kita menjadi baik, pengunjung kita semakin banyak dan akhirnya website atau blog kita bisa tampil di halaman peetama mesin pencari bahkan di urutan teratas.

Sisi baiknya kalau kita sebagai pelaku usaha baik jasa atau penjualan barang maka akan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan atau pembeli. Dan kemungkinan besar akan meningkatkan omset dan keuntungan yang didapatkan.

Bila kita sebagi blogger atau penulis maka sisi baik dari teknik SEO ini adalah kunjungan bloger kita semakin banyak sehingga kita semakin terkenal dan banyak orang akan merekomendasikan hasil tulisan kita yang akhirnya menguntungkan kita juga.

Demikian tadi adalah proses optimasi SEO on page adapun langkah selanjutnya kita bisa melakukan proses optimasi SEO offpage untuk mendukungnya biar lebih maksimal. Semoga tulisan ini bermanfaat, terimakasih

Baca Juga  Apa Itu Internal Link Dan Eksternal Link Untuk SEO Blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *