Fitur Instram Melawan Pelecehan

Lawan Pelecehan Dengan Fitur Baru Di Instagram

Fitur Instram Melawan Pelecehan

Bullying atau pelecehan sekarang tengah marak dan semakin banyak menyebar dikalangan masyarakat dunia. Tidak hanya terjadi secara langsung namun media juga kerap kali dijadikan sebagai alat atas tindakan tidak senonoh ini.

Tindakan pelecehan memang sering terjadi di berbagai negara baik di negara maju maupun negara lainnya. Sudah banyak korban yang bahkan meninggal dunia akibat perbuatan keji ini.

Untuk mencegah perbuatan ini, kini telah banyak aplikasi sosial media yang turut menghadirkan fitur-fitur canggih guna memberantas atau mencegah adanya tindakan pelecehan.

Fitur-Fitur Instagram Melawan Pelecehan Atau Bullying

Fitur-fitur baru yang telah disediakan akan membantu kamu dalam menghapus, memblokir akun palsu yang memiliki keterkaitan pelecehan dan mem-filter direct messages (DM).

Namun sayangnya kedua fitur tersebut belum hadir dan belum dapat dipergunakan, tetapi wajib bagi anda untuk terlebih dahulu mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur-fitur ini.

Baca Juga  3 Langkah Mudah Unduh Gambar Instagram Langsung Tanpa Ribet

Fitur instagram ini akan dihadirkan di beberapa negara terlebih dahulu, dan jika penggunaannya dirasa sudah stabil maka akan di ikuti oleh negara-negara yang lain termasuk Indonesia.

Lalu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan kedua fitur tersebut. Simak penjelasannya sebagai berikut

BLOKIR AKUN

Dapat dikatakan bahwa fitur ini tidaklah memiliki pembaharuan yang banyak maupun signifikan jika dilihat dari langkah penggunaanya, bahkan tidak berubah sama sekali.

Jangan khawatir pihak instagram telah menambahkan beberapa opsi khusus terkait dalam langkah pemblokiran akun. Sebelumnya memblokir sebuah akun hanya dibatasi pada aktivitas satu akun yang telah diblokir itu saja.

Berbeda dengan sekarang, kebijakan telah diterapkan agar pengguna mampu memblokir akun palsu yang dinilai sama dengan akun yang telah diblokir sebelumnya secara sekaligus.

Hal ini dapat di artikan bahwa tindakan ini akan menghindari akun yang telah di blokir tadi untuk membuat akun barunya dan melakukan pelecehan yang sama dan mengulangnya kembali.

Langkah – Langkah Yang Dapat Dilakukan Untuk Menggunakan Fitur Blokir Akun

  • Kunjungi profil akun yang dirasa telah melakukan pelecehan tadi. Setelah itu, klik ikon titik tiga pada sisi kanan atas smartphone anda.
  • Kemudian pilih opsi ‘Block’. lalu, klik opsi ‘Block this person and any new accounts they may create’.
  • Tunggu beberapa saat, dan akunpun sudah terblokir.
Baca Juga  Permudah Presentasimu Dengan Transkripsi Otomatis Pada Zoom

FILTER DIRECT MESSAGE

Tidak hanya itu, fitur lain yang turut dihadirkan dandapat digunakan sebagai bentuk antisipasi dalam pencegahan tindakan pelecehan ini adalah filter pesan pada direct messages.

Pada ruang permintaan pesan, akan muncul secara otomatis penghapusan berbagai pesan yang masuk dan mengandung kata-kata tak pantas, dan termasuk kedalam bullying maupun pelecehan lainnya.

Contohnya seperti emoji maupun perkataan kasar akan di-filter atau disaring, sehingga pesan tidak akan muncul pada direct messages. Pesan-pesan tersebut secara otomatis akan di hilangkan  pada folder yang sangat tersembunyi.

Cara Mengaktifkan Filter Pesan Pada Direct Messages

  • Setelah fitur tersedia, pengguna hanya perlu masuk pada bagian ‘Settings’ lalu klik ‘Privacy & Safety’.
  • Jika sudah masuk, pilih opsi ‘Hidden Words’. dan, klik ‘Hide Messages Request’.
  • Kemudian, setelah fitur diaktifkan, secara otomatis sistem akan segera mem-filter segala pesan masuk yang terdapat kata-kata tidak pantas dan mengacu pada daftar yang dibuat oleh Instagram.
  • Pengguna dapat menambahkan kalimat lain yang dirasa tidak pantas pada opsi‘Manage Custom Words List’.
Baca Juga  Permudah Presentasimu Dengan Transkripsi Otomatis Pada Zoom

Tindakan bullying memang banyak ragamnya termasuk pada perkataan yang dianggap tidak pantas, bullying juga dapat merusak mental para korban. Aktifkan fitur-fitur diatas untuk melindungi mental kita juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *