Internal Link Dan Eksternal link

Apa Itu Internal Link Dan Eksternal Link Untuk SEO Blog?

Internal Link Dan Eksternal link

Optimasi SEO pada website atau blogger yang kita miliki merupakan hal yang penting untuk saat ini. Karena ini adalah salah satu penentu keberhasilan website atau blogger yang kita buat, baik tujuan komersil ataupun lainnya. Dalam optimasi SEO sendiri kita perlu mengenal internal link dan eksternal link yang termasuk faktor dalam optimasi SEO.

 

Mengenal Internal Link Dan Eksternal Link (External Link)

Sebenarnya ada banyak faktor penentu optimasi SEO yang saling mendukung selain internal link dan eksternal link. Seperti penentuan kata kunci yang kita pilih, judul konten menarik, dan masih banyak lagi. Karena semua faktor optimasi SEO saling berpengaruh satu sama lain.

Optimasi SEO sendiri ada optimasi onpage dan offpage. Adapun internal link sendiri masuk dalam faktor optimasi onpage, sebaliknya eksternal link atau lebih dikenal backlink masuk dalam faktor optimasi offpage. Optimasi onpage merupakan proses optimasi yang dilakukan dalam halaman konten website atau blogger kita.

Adapun optimasi offpage merupakan proses optimasi yang dilakukan diluar konten halaman website atau blogger kita dengan tujuan untuk mengoptimasi website tertentu. Jadi antara internal link dan eksternal link sendiri berbeda, tetapi dengan tujuan sama untuk optimasi SEO. Pengaruh antara internal link dan eksternal link sama terhadap website kita.

Hanya bedanya bila internal link kita bisa mengaturnya 100% baik dari jumlah link nya, posisi termasuk struktur nya. Kita bisa membangun internal link dengan baik maka website kita juga akan terbangun dengan kuat. Walaupun sebenarnya dalam website biasanya ada releated post ataupun link navigasi di menu, tapi ini semua belum cukup untuk membangun struktur website kita.

Karena belum tentu kan semua orang yang berkunjung ke website kita mau klik menu navigasi, atau mau klik related link yang disediakan oleh website kita. Kebanyakan mereka hanya terfokus pada konten dalam website. Makanya perlunya internal link yang diletakkan dalam konten.

Pengertian Internal Link

Internal link sendiri merupakan link atau tautan yang mengarah pada halaman lain dalam satu website. Internal link yang baik adalah yang terdapat dalam konten dan diletakkan sebnatural mungkin, sehingga pengunjung website secara spontan mengeklik tautan atau link tersebut.

TRENDING:   7 Top Faktor Ranking SEO: Yang benar-benar penting Untuk Meningkatkan Mesin Pencari

Poin pentingnya adalah internal link tersebut usahakan mengarah pada halaman yang masih dalam satu topik pembahasan atau halaman pendukung. Sehingga pengunjung website tidak terpecah fokusnya. Selain itu halaman pendukung tersebut bisa melengkapi konten utama yang kita buat.

Makanya fungsi dari link dalam website sendiri memiliki beberapa manfaat diantaranya akan memudahkan navigasi pengunjung website kita untuk menemukan topik yang dicari secara lebih lengkap, dengan link dapat membangun struktur dari website kita sehingga bisa dibedakan mana halaman utama dan halaman pendukung.

Selain itu dengan link dalam website kita bisa mendistribusikan otoritas dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website. Sehingga bila ada satu halam utama dengan otoritas tinggi baik karena backlink maupun lainnya bisa di distribusikan ke halaman-halaman pendukung lainnya dalam satu website. Makanya link berperan sangat penting dalam membangun struktur website kita.

 

Tips Membangun Internal Link

Beberapa tips membangun internal link yang perlu kita persiapkan agar bisa terbangun struktur website yang kuat, diantaranya :

  • Membuat internal link kita terlihat senatural mungkin yaitu dengan cara menaruh dalam konten yang kita buat. Menyatu dengan konten tanpa merubah atau memaksakan kosa kata yang tidak perlu. Pokoknya dibuat pengunjung website kita senyaman mungkin tanpa terganggu internal link yang kita sisipkan. Ini cara yang paling ampuh dan membuat pengunjung lebih tertarik untuk melakukan klik.
  • Menggunakan anchor text dalam sebuah konten yang kita buat dengan menautkan internal link, tetapi tetap buatlah senatural mungkin. Bila tidak terpaksa hindari kalimat menyuruh seperti “klik disini” dll.
  • Memastikan internal link yang kita pasang menuju ke halaman yang masih satu topik pembahasan bahkan halaman yang isi kontennya menambahkan atau menjelaskan halaman sebelumnya, jangan memecah fokus pengunjung website kita.
  • Tidak perlu memasang internal link yang hanya menuju halaman berikutnya, atau homepage, menu, footer, dll karena kurang bermanfaat. Karena secara otomatis biasanya sudah tersedia tanpa perlu kita memasukkan menjadi internal link dalam konten.
  • Intinya membuat pengunjung website nyaman dan betah berlama-lama dalam website kita, tanpa mereka terganggu adanya internal link. Jangan menaruh terlalu banyak link, jangan menaruh internal link yang sama berulang-ulang, dll.
TRENDING:   3 Cara Riset Keyword Menggunakan Tools Gratis Dan Berbayar Terbaik

Itu tadi hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam membangun struktur website kita dengan menggunakan internal link. Sehingga bisa jelas mana halaman utama, mana halaman pendukung. Yang akhirnya memudahkan mesin pencari untuk mendefinisikan website kita dan memprioritaskan website kita di halaman pertama.

 

Membangun Internal Link Dengan Plugin

Membangun Internal Link sangat mudah jika Anda Pengguna WordPress, Anda Cukup menginstall plugin untuk membuat Internal Link secara otomatis. Saya Sendiri menggunakan Plugin Inline Related Posts oleh IntellyWP.

ada Banyak plugin membuat internal link lain, contoh Inline Related Posts , Contextual Related Posts, Yet Another Related Posts Plugin (YARPP) dan masih banyak yang lain. silahkan coba sendiri satu persatu.

 

Pengertian Eksternal Link (External Link)

Adapun eksternal link atau biasa disebut backlink sebenarnya hampir mirip internal link, hanya saja kalau eksternal link adalah tautan atau link yang ditanamkan pada suatu artikel yang mana apabila di klik akan mengarah pada website lain.

Berati dalam hal ini bukan hanya link yang kita tanamkan dalam artikel kita menuju website lain tetapi termasuk artikel lain yang menanamkan link menuju website kita itu juga disebut eksternal link atau backlink. Sebenarnya bila kita menanamkan backlink pada artikel kita tidak terlalu berdampak pada SEO.

Karena justru yang banyak kunjungannya adalah website yang kita tanamkan linknya pada artikel kita. Kecuali bila memang kita seorang penyedia jasa backlink itu berbeda lagi. Adapun backlink yang berpengaruh terhadap SEO website kita bila semakin banyak artikel dari website lain yang menanamkan link website kita dalam artikel-artikel mereka.

Karena jumlah kunjungan dalam website kita bisa semakin banyak berkat backlink-backlink tersebut. Adapun cara organiknya adalah kita harus selalu membuat konten-konten berkualitas dan selalu konsisten dalam website kita sehingga banyak website lain yang tertarik untuk merekomendasikan website kita.

Atau bisa dengan cara kita saling bertukar link sesama webmaster maupun sesama blogger. Untuk lebih power lagi apabila kita menggunakan jasa backlink, tetapi memang harus membayar jasa tersebut. Bila dibandingkan antara yang berbayar dan organik biasanya prosesnya lebih cepat yang berbayar. Tapi semua itu tergantuk SEO website kita dan konten-konten di dalamnya.

 

Perbedaan Internal Link Dan Eksternal Link

Karena Internal Link dan Eksternal Link Juga menjadi Ranking Faktor, Kita Harus paham Apa Sih Yang Menjadi Perbedaan jelas antara Internal Link atau Eksternal link.

TRENDING:   13 Cara Agar Google Mengindeks Situs Anda Lebih Cepat

1. Penggunaan Link Pada Blog

Tujuan Internal Link pada blog Hanya mengarah antara artikel satu dan ke artikel yang lain pada blog atau web yang sama.

Sedangkan Eksternal Link Atau External Link Bertujuan Untuk memberi tautan ke pada web atau blog lain untuk di jadikan referensi pada artikel yang di tulis.

2. Tujuan Link Pada Blog

Jelas Sudah Pada Pembahan Di atas, Internal Link memberi link antara artikel satu ke artikel lain pada blog yang sama. Tujuannya agar Visitor berlama-lama dalam blog sehingga mengurangi Bounce rate.

Kenapa internal link Begitu penting untuk SEO?

link yang Relevan dengan artikel satu sama lain memudahkan google untuk mengcrawl dan mengetahui topik yang di bahas dan juga membuat mudah navigasi visitor untuk berselancar di blog anda. ini yang menjadi point penting kenapa internal link begitu penting dan menjadi Faktor ranking google.

Untuk Eksternal Link Atau External Link memberikan Sumber artikel yang di ketik atau yang di review sehingga menambah wawasan visitor.

Kenapa Eksternal link Begitu penting untuk SEO?

Coba pikir, ketika kita menulis dengan memberikan sumber referensi yang tepat, pembaca akan merasa apa yang mereka cari ada di blog Anda. Dan Coba pikir lagi, ketika ada banyak blog yang memberikan jumlah external link ke blog anda, ini akan sangat bagus di mata google dan menambah jumlah visitor.

 

Jadi antara internal link dan eksternal link memang memiliki beberapa perbedaan yang bisa kita simpulkan dari pembahasan tadi. Tetapi semua ini dilakukan sebagai langkah optimasi website yang kita miliki, baik itu optimasi onpage salah satunya dengan internal link ataupun optimasi offpage salah satunya dengan eksternal link atau backlink.

Yang mana tujuan dari internal link dan eksternal link sebenarnya sama yaitu untuk usaha kita melakukan optimasi sebaik mungkin pada website ataupun blogger yang kita miliki. Sehingga website atau blogger kita bisa selalu di prioritaskan oleh mesin pencari, bisa selalu tampil di halam pertama mesin pencari. Bahkan bisa secara permanen bukan hanya sebentar saja.

Demikian tadi artikel tentang internal link dan eksternal link semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.