Jenis-Jenis Backlink

Jenis-jenis Backlink Yang Di Sukai Dan Tidak Di Sukai Google

Jenis-Jenis Backlink
Bagi pembuat website baik untuk tujuan iklan maupun blog sekarang ini sangatlah penting menerapkan optimasi SEO agar bisa selalu tampil di halaman pertama mesin pencari . Salah satu faktor penting nya adalah dengan backlink. Ada beberapa jenis-jenis backlink yang terbilang aman dan bukan hanya spam atau ilegal.

Karena sekarang voogle mempunyai sistem Google pinguin yang bisa mendeteksi backlink ilegal atau spam, yang mana akhirnya website atau blog mengandung backlink spam atau ilegal maka akan otomatis diturunkan peringkatnya oleh google, akibatnya tidak bisa tampil di halaman peetama mesin pencari.

Pasti hal ini justru akan merugikan para webmaster maupun para blogger sendiri. Karena tujuan optimasi SEO nya menjadi sia-sia. Sebelumkita mempelajarai jenis-jenis backlink. Perlu kita tahu terlebih dahulu apa itu backlink, backlink sendiri merupakan link atau tautan yang bila di klik mengarah pada website kita.

Semakin banyak kita menanam backlink ini baik di website lain yang satu pembahasan, atau di media sosial, dll maka akan semakin berpeluang kunjungan ke website yang dioptimasi SEO nya menjadi lebih besar. Akhirnya website kita tersebut menjadi prioritas mesin pencari karena dianggap banyak traffic.

Jenis-jenis Backlink

Oleh kareana itu penting untuk diketahui dan dipahami oleh para webmaster dan para blogger tentang backlink ini. Ada beberapa jenis-jenis backlink yang legal untuk meningkatkan peringkat website atau blog kita yaitu :

• Link profile backlink

merupakan backlink yang kita pasang di profil kita. Baik profil media sosial, profil website maupun forum digital lainnya yang mengharuskan kita untuk membuat profil untuk membuat sebuah akun. Maka disitulah kita bisa meletakkan link yang menuju pada website kita. Dengan harapan tiap ada orang melilhat profil kita maka akan mengklik link tersebut sehingga mengarah pada website kita.

TRENDING:   Apa itu SEO (search engine optimization) dan Bagaimana Cara Kerjanya

• Blog comment backlink

merupakan backlink yang bisa kita dapatkan d pada website atau blog yang menyediakan kolom komentar, caranya cukup mudah kita tinggal menempelkan link website kita di kolom komentar suatu website yang memang menyediakan kolom komentar seperti kompas dll. Perlu kita perhatikan bahwa website yang kolom komentarnya kita letakkan website harus satu pembahasan janagn asal saja.

• Sosial borkmark backlink

merupakan tempat untuk menyimpan dan menandai banyak list website. Hal ini sangat membantu untuk membangun sebuah website, makanya sangat populer bagi pembuat website dan blogger. Adapun sosial borkmark site seperti pinterest, reddit dan dig. Sehingga kita bisa menempelkan backlink di berbagai layanan tersebut.

• Contextual backlink

Ini sangat cocok bagi yang senang membuat artikel. Karena dari konten artikel yang kita buat bisa kita sisipkan link website yang mau dioptimasi. Asalkan pembahasan atau topik nya masih satu jenis untuk menghindari flag spam dari google clawer. Contextual backlink ini hanya bisa kita buat di situs yang memiliki CMS (Content Management System) seperti Blogspot, Wordpres, Kaskus, dll.

• Document Sharing Backlink

yaitu kita menempelkan link pada dokumen seperti word, excel atau power point sebelum mengunggah pada situs penampung dokumen. Sehingga saat sudah sudah di upload link tersebut akan menjadi backlink untuk website kita.

• Image Sharing Backlink

untuk caranya bisa dibilang sama dengan cara di atas, yaitu sebelum kita upload gambar di image sharing site kita tempelkan terlebih dahulu link yang menuju website kita. Sehingga akan menjadi backlink untuk website kita tersebut.

TRENDING:   13 Cara Agar Google Mengindeks Situs Anda Lebih Cepat

• Blog Roll Backlink

merupakan link website yang di letakkan pada sidebar pada sebuah blog. Tetapi karena alasan kerapian dan tampilan website yang bersih maka jarang memiliki fitur sidebar.

• Sosial Media Backlink

merupakan link website kita yang ditempelkan pada beranda pada media sosial yang kita miliki, sehingga orang lain bisa berkunjung ke website kita. Tetapi kelemahannya beberapa media sosial bersifat nofollow yang terkadang link tersebut fidak bisa dibuka.

• Guestbook Backlink

merupakan link yang kita tempelkan pada contack us pada sebuah website. Hampir mirip dengan yang menempelkan link pada kolom komentar. Tetapi untuk cara yang satu ini perlu hati-hati agar tidak ditandai spam oleh google.

• Footer Backlink

yaitu link yang kita letakkan pada bagian footer website yang kita buat. Yang mana link tersebut mengarah pada website yang sedang kita optimasi. Tetapi cara ini terkadang kurang efektif, karena kebanyakan orang berkunjung pada sebuah website untuk melihat isi kontennya bukan isi dalam footer.

Itu tadi beberapa jenis backlink yang bisa kita terapkan untuk proses optimasi sebuah website atau blogger. Kalau dilihat dari jenis-jenis backlink tersebut menunjukkan ada jenis backlink yang efektif dan populer bagi para website development dan blogger, tetapi ada pula backlink yang kurang efektif.

Tetapi semua itu ditujukan untuk bertujuan optimasi, dengan harapan jumlah kunjungan website kita menjadi banyak dan organik, sehingga oleh mesin pencari akan dianggap penting dan menjadi prioritas. Maka optimasi yang kita lakukan menjadi maksimal.

 

Jenis Backlink yang Dibenci Google

Tapi perlu kita tahu bahwa ada beberapa jenis backlink yang dibenci oleh google bahkan bisa berakibat website yang kita buat menjadi turun performanya. Karena google sendiri terus mengupdate sistemnya untuk mengurangi paktek-praktek kecurangan yang aslinya juga merugikan web development lain.

Sehingga dengan adanya update sistem google terutama masalah menyeleksi jenis-jenis backlink yang legal dan ilegal ini menjadikan persaingan optimasi SEO bisa secara sehat dan adil. Dalam artian semua web development dan blogger bisa mempunyai kesempatan yang sama untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

TRENDING:   7 Top Faktor Ranking SEO: Yang benar-benar penting Untuk Meningkatkan Mesin Pencari

• Backlink Antar Web Development Atau Sesama Blogger

Adapun beberapa backlink yang dibenci google adalah termasuk tukar menukar link antar web Development atau sesama blogger, kalau memang terpaksa memakai cara ini paling tidak maksimal 10 link saja jangan lebih, karena bisa dianggap spam oleh google. Termasuk backlink melalui direktori, memang di sini tersedia banyak blog untuk mendapatkan backlink.

Tetapi semenjak update google panda hal ini justru di larang oleh pihak google, makanya hindari hal tersebut. Backlink yang kita pasang pada web bahasa asing pun juga termasuk dibenci oleh google, karena sangat kurang relevan. Diusahakan backlink kita pasang pada website atau artikel yang satu topik pembahasan.

• Backlink CSS atau Javascript

Termasuk ada juga backlink yang sengaja si sembunyikan di dalam CSS atau javascript dengan cara di retes. Hal ini merupakan cara kotor menurut google bahkan google terus melakukan update sistem termasuk terbentuknya google cassandra sampai update allegra yang tujuannya untuk mengurangj kecurangan tersebut.

• Backlink Aplikasi Otomatis

Backlink dengan aplikasi otomatis berbayar seperti situs fiverr yang hanya dengan membayar 5$ sudah bisa dapat backlink 10.000, hal ini kelihatan besar tapi hanya sementara yang akhirnya akan tenggelam lagi. Paling aman adalah dengan backlink yang organik dan cara yang dibenarkan google.

Agar tujuan optimasi terhadap website atau blogger kita tercapai dengan organik sehingga aman dan bisa bertahan lama bahkan selalu di halaman depan mesin pencari di uritan teratas. Yang akhirnya akan menguntungkan kita sendiri.

Demikian tadi artikel tentang jenis-jenis backlink. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.