Mencegah Ponsel Menjadi Overheat

Hindari Kebiasaan Ini Untuk Mencegah Ponsel Menjadi Overheat

Mencegah Ponsel Menjadi Overheat
Overheat merupakan sebuah kondisi dimana perangkat yang ada pada smartphone android mengeluarkan suhu panas yang tinggi atau berlebih dan sangat bisa dirasakan ketika digenggam.

Kondisi ini banyak dirasakan oleh pengguna android dan akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba ponsel mengalami overheat

Penyebab Smartphone Android Menjadi Overheat

1. Overcharging

Overcharging merupakan kondisi yang biasanya smartphone anda ketika anda sengaja meninggalkan smartphone Android kalian dalam kondisi charging secara berlebihan.
Contohnya saja seperti sengaja meninggalkan smartphone Android anda dalam kondisi charging sebelum tidur, akibatnya baterai smartphone anda akan menerima listrik terlalu banyak yang kemudian dapat merambat pada bagian smartphone yang bahannya terbuat dari penghantar panas.

2. Bermain Game Secara Berlebihan

Komponen lunak smartphone seperti CPU, GPU dan RAM merupakan komponen yang bekerja saat anda menggunakan ponsel anda namun ketiga komponen ini akan bekerja lebih ekstra saat ponsel milik anda digunakan unruk bermain game.
Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama hanya dengan hitungan menit saja ponsel akan cepat terasa panas jika di gunakan untuk bermain game terutama jika game yang dimainkan merupakan game berat.

TRENDING:   Daftar Samsung Terbaru Harga 2 Jutaan Terbaik Di Kelasnya

3. Multitasking Aplikasi

Tidak hanya bermain game, ketika kamu menggunakan berbagai macam aplikasi terutama aplikasi yang menggunakan akses ke internet secara bersamaan juga dapat menyebabkan ponsel anda lebih cepat panas.

Berbeda dengan penggunaan aplikasi game yang lebih membebankan beratnya pada GPU, aplikasi lain yang digunakan dengan bantuan akses internet dan digunakan secara bersamaan lebih memberikan beban kerja yang lebih besar pada CPU
Penggunaan aplikasi berat pada smartphone dapat meningkatkan kualitas kerja mesin maka dari itu tak heran apabila smartphone pun akan jadi lebih panas.

4. Virus dan Malware

Kedua hal ini sering disebut sebagai pemicu overheat sebuah smartphone. Kedua hal tersebut tanpa berhenti dan akan terus menerus beroperasi pada background sistem smartphone anda yang gunanya untuk mengakses berbagai informasi.

Virus dan Malware akan turut membebani kinerja CPU dan akibat yang ditimbulkan adalah pengeluaran panas yang berlebihan terutama jika penggunaannya di lakukan bersamaan dengan aplikasi lainnya.

5. Menggunakan Smartphone Saat Charging

Hal ini mungkin dianggap wajar dan banyak dilakukan oleh masyarakat. Padahal resiko yang ditimbulkan akan merugikan diri sendiri, selain berbahaya memainkan ponsel ketika sedang mengisi daya akan membuat baterai lebih lama menerima daya listrik.

TRENDING:   Daftar Hp Xiaomi Terbaru dan Harganya Tahun 2021 Terbaru

Secara bersamaan ketika baterai terus terusan menerima energi listrik, komponen-kompnen lain pada smartphone pun seperti CPU akan turut menarik listrik dari baterai.

Ini dapat menyebabkan kedua hal tersebut mengeluarkan panas yang jika dibiarkan secara berkelanjutan akan menumpuk dan menimbulkan overheat pada perangkat smartphone..

Adapun cara yang dapat anda terapkan agar smartphone milik anda terhindar dari resiko overheat yang menyebalkan. Yuk simak langkah-langkahnya

Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasi Smartphone Yang Overheat

Jangan pernah berkata sesuatu yang akan dijalankan terasa sulit jika belum mencoba. Sama halnya seperti mengatasi masalah overheat smartphone, cara yang dilakukan dikatakan cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
Lakukan hal berikut dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak secar tiba-tiba mengalami overheat

  • Sebelum tidur sebaiknya anda mengisi penuh terlebih dahulu daya ponsel anda, dan jangan pernah membiarkan smartphone anda tertinggal dalam keadaan charging. Fungsinya untuk mencegah terjadinya overcharging.
  • Batasi penggunaan smartphone saat ingin bermain game, batasi bermain game selama 30-45 menit saja, istirahatkan terlebih dahulu perangkat smartphone Android kalian selama 30 menit, baru kemudian gunakan lagi.
  • Lakukan multitasking aplikasi cukup 3 saja dalam satu waktu.
  • Atasi virus dan malware menggunakan aplikasi tambahan
  • Jangan mainkan smartphone jika sedan diisi daya.
TRENDING:   8 Daftar HP Vivo Terbaru 2021 Harga Mulai Rp. 2 juta Sampai Rp. 10 jutaan

Jangan lupa dipraktikan ya. Selamat mencoba!!