Cara Menjaga Komputer Anda Bebas Virus

5 Cara Menjaga Komputer Anda Bebas Virus

Cara Menjaga Komputer Anda Bebas Virus

Virus komputer adalah kode atau perangkat lunak berbahaya yang ditulis untuk mengubah cara kerja komputer secara normal. Ini dirancang untuk terus menyebar dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pengguna. Simak Tips Cara Anda Menjaga Komputer Anda Bebas Virus di bawah ini:

Bagaimana Anda Menjaga Komputer Anda Bebas Virus Dan Responsif?

Virus biasanya bekerja dengan memasukkan dirinya ke dalam program asli yang tampak normal tetapi bisa mendapatkan akses root ke virus saat dijalankan. Virus merusak data Anda dan dapat membahayakan perangkat lunak sistem Anda.

Perbedaan antara virus dan malware

Meskipun terdengar mirip, malware dan virus adalah dua istilah yang berbeda. Malware adalah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan semua jenis kode berbahaya yang ditulis untuk berbagai aplikasi. Virus adalah bagian dari malware.

Virus secara khusus menyebar dengan melampirkan dirinya ke file dan program yang sah. Ini didistribusikan melalui situs web yang terinfeksi, pen drive, atau tautan email. Ini menghapus atau mengenkripsi file sistem, memodifikasi aplikasi, atau bahkan menonaktifkan beberapa fungsi sistem.

Di sisi lain, malware dapat memiliki berbagai target. Mereka umumnya digunakan untuk mengelabui korban agar memberikan informasi pribadi atau sensitif, mencuri detail perbankan, mengendalikan jaringan, atau menginfeksi komputer dan menggunakannya untuk menambang cryptocurrency.

Baca Juga  Cara Bermain game Free Fire di Laptop Terbaru Dan Tanpa Emulator

Bagaimana Anda Tahu Jika Komputer Anda Terinfeksi Virus/Malware?

1. Sistem Melambat Dan Membutuhkan Waktu Lebih Lama Untuk Memulai

Mungkin gejala yang paling umum terlihat adalah bahwa sistem Anda telah dipengaruhi oleh virus atau malware. Anda akan mengalami sistem yang lambat dan tidak responsif. Sistem Anda akan terasa lamban, dan bahkan operasi rutin seperti startup sistem akan sangat lambat.

Sudah diketahui dengan baik bahwa malware memperlambat sistem Anda karena mulai memakan sumber daya sistem Anda. Anda harus selalu memeriksa kemungkinan infeksi jika komputer Anda tiba-tiba mulai berjalan lambat.

2. Sistem Tiba-Tiba Macet Dan Macet

Jika sistem Anda tiba-tiba membeku atau mogok tanpa alasan yang jelas, ada kemungkinan sistem Anda terinfeksi malware. Konfirmasi lebih lanjut adalah jika Anda masih melihat “layar biru kematian” yang umum setelah sistem Anda mogok.

Sebagian besar malware dapat merusak file sistem operasi penting dan mencegahnya memuat yang mengakibatkan layar biru kematian.

3. Peningkatan Tiba-Tiba Dalam Popup Acak

Pop-up adalah cara yang pasti untuk mengetahui bahwa sistem Anda terinfeksi malware. Jika Anda terus mendapatkan popup yang mengganggu yang sering mengarahkan Anda ke spanduk iklan atau situs web, maka sistem Anda terinfeksi.

Cara lain untuk mengirimkan muatan malware adalah melalui popup keamanan mendadak yang memperingatkan Anda bahwa sistem Anda telah terinfeksi malware. Ini meminta Anda untuk mengklik tautan untuk mengunduh antivirus atau melakukan pemindaian sistem. Jika korban menyesal mengklik tautan, malware akan segera diunduh ke sistem.

4. Anda Tidak Dapat Mengakses Pengaturan Vital Sistem Anda

Cara pasti untuk mengetahui apakah sistem Anda diserang malware adalah dengan tidak dapat mengubah beberapa pengaturan sistem penting. Ini mungkin termasuk akses terbatas ke Panel Kontrol, Anda tidak dapat mengaktifkan kembali antivirus yang dinonaktifkan, mengubah halaman beranda browser Anda, dan beberapa pengaturan serupa.

Baca Juga  Cara Menulis Dokumen di Word Menggunakan Suara

5. Lalu lintas Internet Anda tiba-tiba meningkat, dan teman-teman Anda mengeluh tentang pesan atau permintaan palsu dari Anda

Beberapa malware akan mengambil alih koneksi Internet Anda dan menggunakannya untuk menyebar ke seluruh jaringan Anda.

Mereka mungkin mengirim email atau pesan phishing dari akun Anda, dengan mengkliknya, mereka akan menyebar di komputer mereka. Beberapa malware dapat menggunakan sumber daya sistem Anda untuk menambang cryptocurrency tanpa sepengetahuan Anda.

 

Bagaimana cara menghilangkan virus komputer?

A. Instal antivirus

Alat yang paling penting untuk memerangi serangan virus pada sistem Anda adalah menginstal antivirus yang baik. Saat memilih antivirus, pastikan antivirus tersebut berasal dari merek yang terkenal dan terpercaya.

Juga, pastikan bahwa perangkat lunak antivirus Anda lebih dari sekadar perlindungan antivirus dan juga melindungi Anda dari malware dan spyware.

B. Perbarui Perangkat Lunak Antivirus Anda.

Banyak pengguna biasanya mengabaikan langkah terpenting ini setelah menginstal antivirus. Tidak hanya menginstal perangkat lunak antivirus yang menjamin perlindungan lengkap, malware terus meningkatkan dan menemukan cara baru untuk masuk ke sistem Anda.

Dengan pemikiran ini, perusahaan antivirus mendorong pembaruan konstan ke database sambil memasukkan ancaman baru ini sehingga Anda selalu selangkah lebih maju dari keamanan sistem Anda.

C. Jalankan Pemindaian Sistem Secara Teratur

Meskipun sebagian besar mesin antivirus yang baik saat ini memiliki opsi pemindaian waktu nyata, selalu merupakan ide yang baik untuk menjalankan pemindaian sistem secara manual secara berkala untuk perlindungan lengkap. Itu memastikan bahwa Anda mengetahui semua pengaturan pemindaian dan semuanya ada di tempatnya.

D. Cadangkan Data Anda

Mencadangkan data Anda selalu merupakan kebiasaan yang baik. Jika Anda harus melalui skenario terburuk dari data drive yang rusak karena serangan malware atau ransomware yang menahan data Anda untuk mendapatkan uang, pencadangan data selalu menghemat waktu dan uang Anda.

Baca Juga  5 PC Gaming High End dengan Performa Terbaik dan Harga Terjangkau

E. Perawatan Komputer Secara Berkala

Selain menginstal perangkat lunak antivirus, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda terpelihara dengan baik di semua bidang lainnya. Pemeliharaan PC secara teratur memainkan peran penting dalam keamanan dan responsivitas PC.

Tugas rutin seperti memperbarui driver secara teratur, membersihkan file sampah, membersihkan cache browser, dan mengoptimalkan registri sangat penting untuk keamanan komputer Anda. Selain itu, penting juga untuk menghapus program lama yang tidak digunakan dan memperbarui Windows dan aplikasi lain secara teratur.

Peretas telah dikenal menjelajahi kerentanan pada driver yang sudah ketinggalan zaman atau mencuri data dari file browser. Selain itu, registri yang penuh dengan file yang berlebihan dapat secara signifikan memperlambat respons sistem secara keseluruhan.

Namun, menjaga kesehatan komputer Anda secara manual dapat memakan waktu dan tidak praktis. Anda akan menemukan banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan pekerjaan ini untuk Anda; Misalnya, IObit Advanced SystemCare membantu membersihkan registri, membersihkan disk, dan meningkatkan kecepatan dan kinerja PC Anda.

Driver Booster akan membantu Anda memperbarui driver perangkat Anda. Demikian juga, aplikasi lain tersedia untuk terus memperbarui driver perangkat Anda, menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan, memperbarui perangkat lunak Anda, dan banyak lagi.

Selain Advanced SystemCare, IObit menyediakan berbagai software seperti Driver Booster, Uninstaller, dan Software Updater untuk menjaga PC Anda tetap sehat dan responsif.

Saya yakin Anda mungkin sudah menggunakan salah satu atau beberapa program di atas. Jika Anda menggunakan versi uji coba dan ingin meningkatkan, Anda dapat melihat diskon terbaik untuk produk IObit. Dengan kode kupon IObit, Anda dapat menghemat banyak uang di aplikasi pilihan Anda.

Kesimpulan

Dengan meningkatnya serangan siber, penting bagi kita semua untuk menganggap serius keamanan siber dan berusaha keras dalam prosesnya.

Dengan mengikuti semua langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa sistem Anda selalu aman, terlindungi, dan responsif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *