Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Dalam kehidupan kita sekarang ini hampir tidak bisa lepas dari google. Terutama dalam hal mencari informasi, membantu para pelaku digital marketing, websitemaster, blogger dan masih banyak lagi. Bahkan google juga membuat banyak tools atau fitur di dalamnya. Ada google translate, google ads, termasuk kita bisa riset keyword dengan google keyword planner yang ada dalam google ads.

Fitur atau tools yang satu ini merupakan layanan dari google ads itu sendiri. Bagi kita yang sudah terjun mendalami iklan menggunakan google ads pastinya tau tols yang satu ini. Karena tools ini membantu juga bagi pengiklan di google ads. Baik itu iklan jasa, barang ataupun lainnya.

Mengapa Riset Keyword Harus Menggunakan Google Keyword Planner?

Karena google keyword planner ini termasuk salah satu alat yang bisa membantu kita menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel yang akan kita buat. Lebih istimewanya lagi saat kita melakukan riset keyword dengan google keyword planner ini tersedia dalam layanan gratis. Sehingga lebih menguntungkan bukan.

Meskipun google keyword planner ini masih satu rangkaian dengan google ads, tetap bisa kita gunakan dengan gratis walaupun kita buian pengiklan di google ads. Memang nantinya kita akan di suruh membuat akun terlebih dahulu oleh google ads. Tapi tenang kita tetep bisa kok kalau hanya melakukan riset keyword dengan google keyword planner saja tanpa ads.

Biar tidak penasaran langsung saja kita bahas lebih dalam tentang google keyword planner. Google keyword planner sebenarnya tool yang disediakan google untuk tujuan membantu para pengguna google ads dalam menjalankan iklannya. Tetapi kelebihannya bisa kita gunakan untuk keperluan SEO terutama riset kata kunci.

Membuat akun google ads Untuk Tujuan Riset Keyword

Karena tools ini merupakan layanan dalam google ads maka kita harus mempunyai akun terlebih dahulu agar bisa menggunakan google keyword planner. Walaupun nantinya kita tidak membuat iklan di google ads tetap akan bisa digunakan. Adapun cara memiliki akun google keyword planner yaitu dengan cara membuka google ads terlebih dahulu.

TRENDING:   Perbeda Backlink Nofollow dan Dofollow, Mana Yang lebih Baik???

Lalu memilih google keyword planner selanjutnya klik membuat akun baru atau new google ads acount. Setelah itu kita bisa memilih salah satu tujuan iklan kita, akan disediakan tiga pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan bisnis kita.

Bisa memilih untuk mengarahkan pengunjung agar menghubungi nomor bisnis kita, mengarahkan pengunjung untuk datang ke toko ofline kita dan yang terakhir mengarahkan pengunjung agar masuk website kita. Bisa pilih salah satu dari pilihan tersebut.

Setelah itu kita di arahkan untuk menulis deskripsi dari bisnis kita. Dan juga memilih jangkauan dari iklan kita mau menjangkau seluruh indonesia atau daerah tertentu. Lalu masukkan interest atau target pencarian, terutama sesuaikan dengan niche yang kita iklankan.

Lalu menentukan headline dan deskripsi iklan kita, headline dan deskripsi awal iklan kita ini penting karena yang akan tampil di pencarian google nantinya. Maka dibuat yang semenarik mungkin tapi jangan clickbait atau berlebihan yang akhirnya pengunjung merasa tertipu. Setelah itu bisa kita cek kembali iklan yang telah diatur lalu pilih budget dan metode pembayaran.

Untuk kita yang hanya akan memanfaatkan google keyword planner saja tanpa iklan dijalankan maka pilihlah metode pembayaran bank transfer. Maka akan muncul nomor rekening google. Selama kita tidak mentransfer pada google maka iklan yang telah kita buat tidak akan dijalankan. Akhirnya kita punya akun google ads. Tentunya kita bisa memulai riset keyword menggunakan google keyword planner.

Itulah tadi tips kita bisa mempunyai akun google ads tanpa harus membayar dan bisa kita gunakan layanan google keyword planner. Oh iya agar akun google ads kita aktif maka verifikasi melalui pesan email yang dikirim google ke email kita. Untuk memulai riset keyword dengan google keyword planner kita bisa memanfaatkan fitur-fitur nya.

TRENDING:   3 Cara Riset Keyword Menggunakan Tools Gratis Dan Berbayar Terbaik

Fitur Google Keyword Planner

Ada dua jenis fitur dalam google keyword planner. Yaitu discover new keyword dan get search volume and forecast. Kedua fitur ini bisa kita manfaatkan masing-masing dan akan memberikan informasi yang berbeda. Untuk fitur discover new keyword bisa kita gunakan dengan cara memasukkan kata kunci yang akan kita riset.

Kita bisa memasukkan kata kunci dalam satu kali riset sampai 10 kata. Atau bisa juga dengan memasukkan alamat website yang akan kita riset. Maka fitur ini akan menampilkan banyak informasi diantaranya :

  • Rata-rata pencarian kata kunci dalam setiap bulannya ( averange mountly search ).
  • Termasuk kompetisi yang terjadi bila menggunakan kompetisi tersebut, sehingga kita bisa tahu peluang untuk memenangkan tiap kata kunci yang kita riset ( competition ).
  • Bisa tahu harga terendah yang diajukan pengiklan dan harga tertingginya low/high ( top of page bid ).
  • Yang istimewa kita akan diberikan saran-saran kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang kita riset ( broaden your search ) eehingga akan memunculkan ide dan topik baru yang akan berguna untuk membuat konten nantinya.

Untuk fitur get search volume and forecast bisa kita gunakan dengan memasukkan satu keyword lalu kita enter maka akan muncul beberapa informasi berikut :

  • Kita akan mendapatkan informasi perkiraan klik terhadap keyword tersebut ( click )
  • Termasuk kita menjadi tahu impresi dari keyword yang kuta riset ( impression )
  • Kita juga diberikan informasi perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk iklan dengan keyword tersebut
  • Bahkan kita disajikan informasi CPC dan CTR dari keyword tersebut. Khususnya bagi pengiklan ini sangatlah bermanfaat banget kan
  • Bahkan kita bisa diberi informasi tentang perkiraan posisi iklan kata kunci tersebut di hasil pencarian.
  • Ditambah lagi mendapat informasi seperti fitur dari discover new keyword di atas.
TRENDING:   Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog Paling Simple

Tips Memaksimalkan Fitur Google Keyword Planner

Dari segi fitur sangatlah lengkap sekali yang semua itu sangat mendukung riset kita terhadap kata kunci  konten atau iklan yang akan kita buat. Untuk mendukung semua fitur tersebut masih ada beberapa tips lagi lho biar lebih mantap hasil riset nya.

Saat kita melakukan riset kata kunci ini bahkan dalam sekali riset bisa 10 kata kunci sekaligus bisa kita tambahkan penggunaan filter kata kunci ( add filter ) sehingga kata kunci yang kita masukkan akan lebih detail informasinya. Yang nantinya bisa untuk memperkuat kata kunci yang kita input.

Selain itu kita dengan riset keyword dengan google keyword planner ini kita bukan hanya meriset kata kunci kita sendiri tetapi bisa juga untuk riset kata kunci kompetitor. Dengan cara memasukkan link atau alamat website kompetitor. Sehingga bisa kita terapkan dan modifikasi dalam website kita.

Dengan melihat harga tertinggi pada top of page bid maka kita bisa tahu kata kunci yang potensial. Semakin tinggi harganya berarti akan semakin potensial. Tetapi kembali lagi kita sesuaikan dengan kemampuan untuk melakukan persaingan dalam kata kunci tersebut. Hal ini untuk menentukqn prioritas ide konten mana yang akan kita buat dari hasil riset tersebut.

Tips terakhir saat kita melakukan riset keyword dengan google keyword planner ini bisa kita atur lokasi yang diinginkan untuk menyesuaikan target pasar kita bahkan bisa kita atur perangkat yang digunakan untuk mencari kata kunci yang kita riset tersebut. Hal ini bermanfaat untuk mengatur target iklan kita nantinya.

Sungguh sangatlah lengkap fitur-fitur dan manfaat yang didapqt saat kita riset keyword dengan google keyword planner ini, tinggal kita bisa memanfaatkan tool ini dengan sebaik mungkin. Demikian ulasan ini semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.