SILO struktur SEO
SILO SEO

SILO struktur SEO Sebagai Pondasi Kuat Untuk Blog

SILO struktur SEO

Ternyata setelah kita mengoptimasi SEO onpage masih perlu mengorganisir atau menata struktur link pada website kita sesuai topik pembahasan atau ulasan yang sama atau biasa di sebut SILO struktur SEO. Dengan menerapkan SILO pada website kita maka  akan membuat konten website tertata rapi dan bisa saling menguatkan hubungan antar konten dalam satu website.

Sehingga akan membuat pengunjung website kita menjadi lebih betah berada di dalam website karena mereka merasa dimudahkan untuk mencari referensi atau kelengkapan informasi yang sedang mereka baca. Selain itu akan membuat konten-konten dalam website kita menjadi saling terhubung satu sama lain.

Lalu bagaimana teknik SILO ini diterapkan? Tapi alangkah baiknya sebelum kita pelajari teknik SILO kita ketahui dulu apa itu internal link. Karena hal ini akan sangat berhubungan erat dengan SILO struktur SEO. Seperti yang telah kita pelajari dalan SEO onpage. Internal link adalah link atau tautan dalam sebuah artikel atau blog yang menghubungkan dengan artikel atau blog lain yang masih dalam website yang sama.

Memahami internal link sebelum SILO

Internal link sendiri perlu ada dalam setiap artikel yang kita buat karena memiliki manfaat untuk website kita. Terutama bagi pengunjung akan memudahkan mereka mencari kelengkapan artikel yang sedang mereka baca. Adapun bagi website kita akan membuat sebuah struktur blog yang nantinya bisa menjadi SILO struktur SEO. Menurunkan terjadinya bounvmce rate pada website kita.

Termasuk akan membantu mendistribusikan kunjungan pada artikel-artikel kita yang lain. Ternyata banyak manfaatnya bukan. Karena susunan website yang baik teemasuk dengan adanya internal link dalam artikel kita. Sehingga memudahkan pengunjung dan mesin pencari memahami website kita.

Baca Juga  Redirect 301 SEO Impact: Tips, Langkah Dan Manfaat

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat meletakkan internal link dalam artikel kita. Yang pertama internal link supaya berada pada bacaan dalam artikel kita sehingga lebih terlihat alami dan memicu orang untuk klik dan berkunjung, tetapi jangan terlalu banyak. Selain itu perlu kita perhatikan bahwa internal link tersebut hanya menuju pada artikel yang memang berkaitan.

Bagaimana internal link sudah bisa dimengerti kan, maka selanjutnya kita bisa mempelajari apa itu SILO struktur SEO. Seperti yang kita tahu saat kita masuk dalam sebuah web atau blog bila isi artikelnya tidak terstruktur bahkan terkesan berantakan maka kemungkinan besar kita akan segera klik tombol back bukan.

Hal ini berbeda bila website atau blog yang kita kunjungi informasinya relevan tertata dan terstruktur dengan rapi. Pastinya akan membuat orang lebih betah berada dalam website atau blog tersebut. Inilah alasan diperlukannya SILO struktur SEO. SILO sendiri sederhananya adalah struktur link di dalam suatu artikel atau konten.

Dalam navigasi menu di sebuah website biasanya juga sudah ada link konten -konten dalam website tersebut seusia dengan topik pembahasannya masing-masing, ini juga hampir mirip dengan SILO. Tetapi perlu kita pahami bahwa SILO struktur SEO ini di letakkan dalam konten yang kita buat selain dari navigasi menu itu sendiri.

Komponen Utama SILO

Beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai teknik SILO ini adalah kita perlu memiliki artikel utama yang nantinya akan kita jadikan selalu berada di halaman awal mesin pencari. Dan merupakan artikel yang banyak dibahas atau dibutuhkan orang.

Selain artikel utama kita perlu artikel-artikel pendukungnya atau turunan dari artikel utama tersebut, yang mana pembahasannya masih dalam satu niche atau satu topik dengan artikel utama. Selain itu kita juga perlu pola internal link.

Baca Juga  Apa itu SEO (search engine optimization) dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pola internal link ini merupakan internal link dari tiap-tiap artikel pendukung menuju artikel utama. Bila memang perlu terkadang perlu internal link antara sesama artikel pendukung yang satu topik. Atau dari artikel utama menuju artikel pendukung.

Langkah Membuat SILO

Untuk membuat SILO struktur SEO ini ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan yaitu :

  • Kita supaya mengelompokkan artikel-artikel dalam website kita sesuai dengan topiknya masing-masing. Terutama bagi kita yang memiliki artikel berbeda topik dalam satu website (seperti : otomotif, kesehatan, ekonomi, digital, dll) maka supaya dikategorikan masing-masing.
  • Dalam satu kategori topik tersebut kita supaya memilih satu artikel sebagai artikel utamanya. Caranya bisa kita lihat dengan jumlah kunjungan terbanyak dalam artikel tersebut, atau kita riset mencari yang paling banyak pencarian di google. Bisa juga membuat artikel baru sebagai artikel utama kita.
  • Lalu kita membuat internal link (seperti yang kita bahas tadi) antar artikel sesuai topik yang telah kita kelompokkan tadi.
  • Lalu membuat internal link pada tiap artikel yang satu topik tersebut menuju artikel utama yang telah kita tentukan atau kita buat tadi.
  • Langkah-langkah tersebut bisa diulqngi untuk kategori lainnya.

Manfaat teknik SILO pada website

Itulah langkah kita membuat SILO struktur SEO, sebenarnya cukup sederhana bukan. Hanya perlu mempersiapkan komponen utama SILO dan langkah-langkah tersebut. Adapun manfaat dari kita menerapkan taknik SILO SEO ini adalah menjadikan artikel kita saling terhubung. Terutama internal link dalam artikel kita hanya terhubung pada artikel lain dalam satu topik pembahasan.

Hal ini akan membuat hubungan antar artikel dalam website kita menjadi baik. Dan akhirnya akan dilihat baik pula oleh mesin pencari sehingga akan lebih diutamakan. Selain itu akan memudahkan pengunjung dalam memahami website kita. Sehingga pengunjung dalam website kita lebih nyaman dan betah berada dalam website kita.

Baca Juga  Jenis-jenis Backlink Yang Di Sukai Dan Tidak Di Sukai Google

Akhirnya website yang kita buat menjadi banyak pengunjungnya bahkan menjadi referensi dan solusi bagi orang lain. Apalagi sampai bisa direkomendasikan oleh pengunjung-pengunjung website kita kepada orang lain serta mendapat ulasan yang baik dan positif.

Manfaat lain dari SILO struktur SEO ini adalah akan sangat menghemat biaya backlink. Karena artikel utama kita telah di dukung oleh internal link dalam artikel-artikel pendukung. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan performa yang lebih kita juga perlu jasa backlink.

Apalagi untuk website yang masih baru sangatlah perlu menerapkan teknik SILO ini agar mempercepat artikel atau blog yang kita buat mendapat posisi terbaik dari mesin pencari. Kesimpulannya sangatlah perlu dalam setiap artikel yang kita buat adanya internal link. Adapun penataan dari ingernal-internal link tersebut adalah dengan teknik SILO yang telah kita pelajari.

Makanya teknik search engine optimation atau SEO ini banyak sekali faktornya selain hanya SEO onpage dan SEO offpage perlu juga teknik SILO ini termasuk faktor-faktor pendukung lainnya. Yang mana intinya agar website kita bisa menjadi diutamakan oleh mesin pencari.

Website yang kita buat bisa selalu berada di urutan teratas halaman pertama mesin pencati. Sehingga bila kita seorang pembisnis maka akan meledakkan omset dan keuntungan yang kita dapat. Kalau kita seorang penulis atau seorang blogger sekalipun akan mendapat keuntungan yang lebih.

Demikian tadi ulasan tentang SILO struktur SEO yang telah kami buat, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *