Transkripsi Otomatis Pada Zoom

Permudah Presentasimu Dengan Transkripsi Otomatis Pada Zoom

Transkripsi Otomatis Pada Zoom

Transkripsi adalah  sebuat metode pengalihan tuturan (yang berwujud bunyi) ke dalam bentuk tulisan baik berupa penulisan kata, kalimat, atau teks yang turut menyertakan  lambang-lambang bunyi.

Pada aplikasi Zoom sendiri telah banyak menghadirkan berbagai fitur terbaru yang pastinya tak kalah membantu. Fitur transkripsi otomatis pada zoom telah disediakan kepada pengguna secara gratis. Namun pada fitur ini bahasa yang digunakan hanya bahasa inggris saja dan belum ada bahasa lainnya.

Al turut digunakan untuk menambahkan teks transkripsi ke dalam sebuah video yang penggunaanya akan berlangsung secara otomatis.

Sebenarnya layanan transkripsi otomatis ini sudah lama ada pada aplikasi zoom, tetapi penggunaannya sangat terbatas terlebih pada akun berbayar. Penawaran transkripsi langsnung bertenaga Al diperuntungkan untuk semua akun yang berbayar.

Apabila tindakan tersebut tidak dilakukan, maka para penyelenggara rapat diharuskan menambahkan terlebih dahulu teks mereka yang dilakukan secara manual.

Para pengguna dengan akun gratis yang akan menggunakan akses fitur ini, pengguna akan dituntun secara manual oleh pihak Zoom untuk meminta akses fitur Transkripsi Langsung melalui Google Form yang ditautkan dalam pengumumannya.

TRENDING:   Cara mengunduh video YouTube Di PC / MAC: 5 Cara Mudah

Tetapi pada akhir tahun ini, zoom mengambil kebijakan berupa penyediaan fitur ini untuk jutaan pengguna layanan aplikasi Zoom secara gratis.

Ketika fitur ini telah diaktifkan, kata-kata yang telah ada kemudian akan muncul pada layar secara nyata atau real time namun tetap dengan penundaan sekitar beberapa detik. Bisa disimpulkan bahwa Zoom telah sama dengan Google Meet.

Banyak kemudahan yang akan di dapatkan apabila mengaktifkan fitur ini seperti kecilnya presentase miskomunikasi dan memudahkan pengguna yang memiliki gangguan pendengaran untuk turut mengikuti alur percakapan.

Fitur yang diintegrasi oleh layanan Otter.ai yang dihadirkan hanya dapat digunakan untuk para pengguna pro dan paket bisnis. Integrasi Otter.ai  yang digunakan pada pada live caption telah mengalami perkambangan dari integrasi yang telah ada pada Zoom untuk transkrip seluruh rapat.

CARA AKTIFKAN FITUR TRANSKRIPSI OTOMATIS PADA ZOOM.

  • Pengguna yang ikin mengaktifkkan fitur ini terlebih dahulu harus masuk ke Zoom melalui situs web. Pada pengaturan pilih opsi “rapat”.
  • Kemudian, klik opsi ‘Closed Caption’.
  • Setelah ditunggu beberapa saat, pengguna dapat mengaktifkan transkripsi otomatis ini jika sudah memilih opsi pengaktifan fitur tersebut.
TRENDING:   Zoom digital vs zoom optik, Mana Yang Lebih Baik???

Mengaktifkan Saat Rapat

Setelah fitur telah diaktifkan, ini saatnya untuk menggunakannya guna mambantu pekerjaanmu. Caranya sebagai berikut

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa fitur ini memang sudah aktif.
  • Selanjutnya, klik pilihan ‘Closed Caption’ atau ‘Live Transcription’ yang tertera pada pengaturan panggilan konferensi.
  • Tunggu beberapa saat maka akan muncul opsi, klik ‘Enable Auto-Transcription’

Fitur pun telah siap digunakan dan secara otomatis akan mendeteksi ucapan yang disampaikan saat konferensi dan layar pun akan menampilkan teks sesuai dengan ucapan tersebut.

Keakuratan

Pada dasarnya keakuratan sebuah presentasi dipengaruhi oleh beberapa aspek. Kebisingan suara, volume maupun kejernihan suara pembicara, kemampuan pembicara mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris maupun dialek dari pembaca, disebutkan perusahaan sebagai keakuratan yang harus diperhatikan.

Tidak hanya itu perusahaan pun memberikan penambahan tentang kemungkinan jika transkripsi otomatis tidak dapat dilakukan dengan baik dan maksimal, aplikasi tersebut akan menyediakan opsi agar dapat digunakan mengetik teks manual secara real time.

Tunggu apalagi, fitur lengkap sebagai pembantu telah disediakan untuk mempermudah segala bentuk presentasimu. Yuk buruan aktifkan fitur ini agar lebih nyaman digunakan.. selamat mencoba!!!!

TRENDING:   Lawan Pelecehan Dengan Fitur Baru Di Instagram